PENYEBAB REM TRUK SERING BLONG

Advertisement
Pernahkah anda mendapati kasus dimana kendaraan besar seperti truk ataupun kendaraan sejenis minibus yang tiba tiba rem nya blong secara tiba tiba sehingga terjadilah kecelakaan di jalan raya ? pasti anda sering juga mendengar pernyataan dari para sopir yang mengatakan rem truk atau bus tiba tiba saja blong sehingga laju kendaraan tidak bisa diperlambat dan dihentikan dengan tepat.

PENYEBAB REM TRUK SERING BLONG
Ilustrasi truk yang mengalami rem blong, sumber gambar : detik.com


Penyebab rem truk tiba tiba blong

Penyebab kendaraan besar rem nya tiba tiba blong banyak sekali faktor penyebabnya, untuk rem angin bisa dikarenakan adanya kebocoran pada sistem saluran pipa udara yang menyebabkan udara tadi tidak mampu menekan piston rem, atau bisa juga dikarenakan adanya kebocoran pada sistem rem itu sendiri, misalnya minyak rem pada rem hidrolis bocor sehingga rem pun menjadi blong.


Baca juga : Penyebab rem mobil kurang pakem dan blong

Ada lagi penyebab lain dari rem truk yang tiba tib blong yang diakibatkan karena kegagalan sistem boster yang berfungsi untuk memperingan injakan pedal rem, ketika boster rem ini rusak maka si pengemudi seolah olah sudah menekan pedal rem dengan sangat keras, namun kenyataannya tidak demikian, pedal rem memang sudah terasa mentok dan keras, namun piston master kaliper atas tidak tertekan dengan sempurna akibat kegagalan servo boster ini sehingga seolah olah rem tersebut nge blong.

Kegagalan boster rem ini juga beranekaragam, mulai dari sekat diafragma yang sudah robek maupun diakibatkan karena selang vakum tidak berfungsi dengan baik, bisa jadi selang vakum tadi putus atau terlepas sehingga saat dilakukan pengereman, boster tidak mampu membantu injakan pedal rem sehingga terjadilah rem blong.

Nah demikian sekilas artikel mengenai penyebab rem truk sering blong, agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan selama berkendara, pastikan anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh kendaraan yang akan kalian gunakan. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara hentikan mobil yang rem nya blong




Subscribe to receive free email updates: