Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Advertisement
Kualitas bahan bakar solar - Kualitas dari bahan bakar solar di Indonesia ini masih sangat jauh dari kata bagus, terlebih lagi bila solar tersebut dari hasil produksi penyulingan yang menggunakan medote tradisional yang saat ini menjadi isu di cepu. yang nantinya akan membuat kinerja mesin kendaraan diesel menjadi tidak maksimal.

solar dexlite


Pada sebuah bahan bakar terdapat berbagai kandungan seperti kandungan belerang yang tentunya berbeda beda tergantung jenis solarnya, semakin sedikit kandungan belerang yang terdapat pada bahan bakar solar, tentu hal ini juga akan membuat harganya lebih mahal dibandingkan dengan solar yang kandungan belerangnya banyak.

Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas solar kita bisa melihat kadar cetane yang ada didalamnya, semakin tinggi kadar cetane yang ada didalam solar, hal ini menunjukkan kualitas bahan bakar tersebut semakin baik. Silahkan anda baca kembali tulisan kami lainnya mengenai angka cetane yang ada di bahan bakar solar berikut.

Baca juga : Penjelasan apa itu cetane number atau angka cetane pada solar

Kendaraan bermesin diesel yang tidak memakai bahan bakar sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan bisa menyebabkan kinerja mesin menjadi drop atau kurang maksimal. Hal ini diakibatkan karena adanya gangguan yang terjadi didalam sistem ruang bakar, seperti timbulnya kerak bahan bakar akibat proses pembakaran yang tak sempurna, yang nantinya akan menyebabkan mesin diesel mobil anda akan bunyi mengelitik. Selain itu penggunaan bahan bakar solar yang tidak sesuai bisa menyebabkan penyumbatan pada saluran injektor bahan bakar.

Bagi anda yang mungkin saja kesulitan menemukan bahan bakar solar yang dianjurkan, dan ingin menggunakan bahan bakar solar biasa, alangkah baiknya anda lebih sering melakukan pengecekan kondisi saringan bahan bakar, bila kotor segera lakukan penggantian.

Nah khusus bagi para pengusaha yang memiliki armada truk untuk kendaraan operasionalnya, wajib hukumnya untuk mengingatkan kepada pengemudi agar selalu mengisi bahan bakar minyak ( BBM ) jenis solar yang berkualitas bagus.


Subscribe to receive free email updates: