Cara Menghentikan Laju Mobil Ketika Rem Blong

Advertisement
Atasi rem mobil blong - rem mobil yang blong tentu akan membuat kita panik pasalnya mobil masih melaju dalam kecepatan yang tinggi dan harus melakukan pengereman. Jika kalian pernah mengalami hal ini sebaiknya jangan langsung panik karena kepanikan justru akan membuat anda tidak tahu harus melakukan apa dan akibatnya malah semakin fatal.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika rem mobil mengalami blong atau tidak bisa mengerem yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

rem blong


Terus pompa pedal rem

Rem yang blong bisa disebabkan karena masuk angin atau adanya partikel gelembung udara yang ada pada saluran minyak rem yang dapat menyebabkan rem terasa seperti blong. Maka dari itu teruslah memompa pedal rem hingga mendapatkan tekanan kembali dan mobil bisa mengerem. Pastikan periksa bagian bawah pedal rem dari benda benda yang mengganjal menggunakan kaki anda atau meminta bantuan teman untuk memeriksanya.

Manfaatkan engine brake

Engine brake atau pengereman menggunakan perpindahan gigi perseneling adalah salah satu cara memperlambat laju kendaraan dengan cara tehnik menurunkan gigi perseneling mobil. Untuk mobil manual kita harus menurunkan gigi perseneling secara bertahap, misalkan saja kita menggunakan gigi nomor 4, kita tidak diperbolehkan langsung menurunkan dari gigi 4 langsung ke gigi 1, harus bertahap mulai dari gigi 4, kemudian turun ke gigi 3, selanjutnya gigi 2 dan terakhir ke gigi 1. Jangan takut ketika terjadi hentakan dan suara mesin yang mengerang karena engine brake sedang bekerja.

Khusus untuk mobil matik kita harus langsung menurunkan ke gigi paling rendah, misalnya dari posisi D langsung turun ke posisi L.

Manfaatkan rem tangan / hand brake

Ketika mobil sudah melambat dan jarak pengereman tidak mencukupi maka pergunakanlah tuas rem parkir atau rem tangan dengan lembut, jangan langsung menarik tuas rem parkir secara menghentak sebab dapat mengakibatkan anda kehilangan kontrol dari mobil yang kalian tumpangi.

Baca juga : Cara atasi pedal kopling yang keras jika di injak

Nah itulah tadi bagaimana cara menghentikan mobil yang remnya blong ketika sedang melaju di jalanan. Semoga bermanfaat dan selalu waspada dalam bekendara, patuhi rambu rambu yang ada dan pastikan anda tidak mengantuk :).


Subscribe to receive free email updates: