Jenis jenis Chassis Mobil Lengkap

Advertisement
Mengenal chasis mobil - di masyarakat umum mungkin anda sering kali mendengar istilah chassis / sasis monokok ( monocoque ) dalam istilah otomotif roda empat, hal ini dikarenakan kebanyakan mobil baru lebih banyak mengaplikasikan chassis model ini, meskipun jenis jenis chassis model lain tetap dipergunakan dan dipertahankan ke eksisannya.

Chassis yang terdapat pada sebuah kendaraan khususnya mobil layaknya kerangka tubuh manusia dimana chassis ini menopang keseluruhan kontruksi dan beban kendaraan diatasnya. Sebenarnya selain chassis jenis monocoque atau monokok, masih banyak lagi jenis chassis mobil lainnya yang mungkin saja anda bahkan belum pernah mengetahuinya. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan menyuguhkan kepada pembaca mengenai berbagai jenis chassis mobil sehingga diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan di bidang otomotif.

Jenis jenis Chassis Mobil Lengkap


Jenis chassis mobil lengkap


1. Chassis monokok / monocoque

Yang pertama adalah chassis mobil jenis monokok dimana bentuk dari chassis mobil ini menyatu terhadap body mobil. Dibuat dari lipatan lipatan plat baja kuat namun ringan yang selanjutnya digabungkan menjadi satu kesatuan utuh terhadap body mobil. Dengan demikian maka beban mobil pun menjadi lebih ringan  dengan adanya chassis ini, efeknya sudah tentu pasti yaitu meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan.

monocoque chassis
Bentuk dari chassis jenis monokok

Selain itu karena chassis tersebut menyatu dengan mobil, saat mobil melewati jalanan yang kurang bagus akan membuat ruang kabin menjadi lebih aman, sebab gaya benturan akan langsung disalurkan dan diserap oleh seluruh body mobil. Berbeda dengan jenis chassis terpisah seperti ladder frame dimana ketika terkena hentakan, akan ada bagian bagian body mobil yang bunyi dan terasa tidak nyaman. Untuk informasi lebih jauh tentang chassis jenis monocoque ini silahkan baca tulisan kami lainnya di bawah ini.

Baca : Mengenal chassis mobil model monocoque / monokok


2. Chassis ladder frame

chassis ladder frame
Bentuk chassis ladder frame yang menyerupai tangga ( ladder )


Dinamakan chassis ladder frame karena model atau bentuk chassis ini mirip dengan tangga dan chassis model ladder frame ini adalah salah satu jenis chassis mobil paling tua yang hingga saat ini masih dipakai dan tetap eksis untuk diaplikasikan ke kendaraan pengangkut heavy duty seperti chassis yang digunakan untuk minibus, bus, truk dan kendaraan berat sejenisnya. Ukuran chassis ladder frame ini lumayan berat sehingga nantinya selain bermanfaat untuk menopang beban angkut yang berat juga akan mempengaruhi performa kendaraan. Maka dari itulah chassis model ini tidak lagi diaplikasikan untuk mobil kecil.

3. Chassis Tubular Space Frame

Chassis Tubular Space Frame
Bentuk chassis tubular space frame yang menyerupai bentuk mobilnya


Model chassis selanjutnya selain kedua jenis chassis diatas, ada lagi jenis chassis yang dinamakan chassis tubular space frame. Model chassis ini dirancang dengan menggunakan berbagai macam jenis besi balok maupun besi pipa menjadi satu rangkaian utuh dimana bentuk dari chassis ini hampir mirip dengan kontruksi kendaraan yang digunakan. Jenis chassis model ini paling banyak diaplikasikan ke kendaraan balap / mobil balap. Untuk kuat lemahnya chassis tubular space frame ini pun dipengaruhi oleh dua hal, yang pertama adalah kualitas mutu bahan chassis, dan yang kedua adalah kualitas dari sambungan sambungan las nya.

4. Chassis backbone

Chassis backbone
Bentuk dari chassis backbone ( tulang punggung )


Sesuai dengan namanya yakni backbone, model dan desain dari chassis ini bentuknya mirip dengan tulang punggung dimana struktur di bagian depan dan di bagian belakang saling terhubung dengan rangka tube yang posisinya melintang di sepanjang tengah kendaraan. Chassis model backbone ini hampir semuanya memiliki struktur yang kaku, serta chassis ini memiliki kemampuan untuk menahan seluruh beban diatasnya, kebanyakan chassis ini diaplikasikan kedalam mobil jenis sport car.

5. Chassis aluminium space frame

Chassis aluminium space frame
Seluruh desain chassis terbuat dari bahan aluminium


Chassis jenis ini ialah model chassis yang dikembangkan pertama kali oleh pabrikan mobil Audi bersamaan dengan sebuah perusahaan pembuatan aluminium Alcoa. Walaupun rangka ini lebih kaku, model dari chassis aluminium space frame ini didesain untuk dijadikan pengganti dari chassis monokok dimana memiliki keunggulan utama yakni bobotnya lebih ringan sekitar 40% dari bentuk chassis yang dibuat sama persis namun menggunakan material non aluminium.

Nah itulah tadi beberapa jenis chassis mobil yang banyak dipakai di kendaraan yang ada dipasaran. Untuk jenis jenis chassis lain sebenarnya masih banyak namun yang populer adalah 5 jenis chassis mobil yang kami uraikan diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.



Subscribe to receive free email updates: