Pengertian Bore Up Dan Stroke Up

Advertisement
Arti bore up dan stroke up mesin motor - pastinya tiap kendaraan bermotor roda dua sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan mengenai kapasitas mesin yang biasa dikenal dengan istilah Engine Dispacement dimana kapasitas mesin dalam satuan cetimeter cubic atau cc.


Mengenal apa itu kapasitas mesin
Kapasitas mesin bisa didefinisikan sebagai kemampuan silinder mesin kendaraan dalam menampung campuran dari bahan bakar. Contoh simpelnya adalah mesin sebuah motor yang paling sering dipakai ajang drag yakni satria FU yang memiliki kapasitas mesin sebanyak 147cc, yang artinya adalah silinder dari mesin motor satria FU tersebut mampu menampung campuran dari bahan bakar sampai dengan kapasitas 147cc tadi.


Pengertian Bore Up Dan Stroke Up

Mengukur kapasitas mesin motor
Dan kapasitas mesin ini sendiri dipengaruhi oleh dua hal penting, yang pertama adalah diameter piston atau yang biasa dikenal dengan sebuta BORE. Dan yang kedua adalah panjang dari lintasan saat piston bergerak naik ke titik mati atas ( TMA ) dan turun ke titik mati bawah ( TMB ) yang disebut dengan STROKE. Nah dari kedua hal penting diatas maka anda bisa melakukan perhitungan kapasitas dari sebuah mesin motor dengan memakai rumus volume silinder. Secara matematis mengukur kapasitas ruang silinder adalah dengan rumus

volume = π x r x r x t
dimana π dibaca phi dengan nilai 22/7 atau 3.14
sedangkan r adalah jari jari silinder
dan t adalah tinggi langkah atau stroke
Contoh kasus, sebuah motor satria FU memiliki spesifikasi mesin bore 62.0 mm ( jari jarinya jadi 31 mm ) dan memiliki panjang langkah atau stroke 48.8mm maka tinggal hitung dan masukkan sesuai rumus diatas sehingga hasilnya seperti ini.


Pengertian Bore Up Dan Stroke Up

= π x r x r x t
= 3.14 x 31 x 31 x 48.8
= 147.255 dan dibulatkan menjadi 147,3 cc

Agar lebih mudah dalam menghitung disarankan langsung menggunakan kalkulator biar tidak pusing bin njlimet ya. Dan dari sini anda tentunya akan tahu bahwa kapasitas dari sebuah mesin ini ditetukan oleh stroke dan juga bore sehingga jika kalian menginginkan kapasitas mesinnya bertambah maka perlu melakukan perubahan salah satu yakni menaikkan bore ( bore up ) atau menaikkan stroke ( stroke up ) atau bahkan mengganti kedua duanya sekaligus ( bore up stroke up ).


Penjelasan singkat mengenai bore up dan stroke up


Pengertian Bore Up
Arti dari bore up adalah menaikkan diameter piston dari yang semula kecil menjadi lebih besar. Beberapa pabrikan motor ada yang menyediakan piston khusus pengganti yang original bawaan dengan ukuran yang lebih besar lagi yang biasa disebut dengan istilah piston oversize yang memiliki kenaikan nilai bore maksimal 0.3 mm saja. Dan beberapa pabrikan lain tidak menyediakan komponen oversize ini sehingga jika kalian ingin melakukan bore up harus memakai sparepart motor lain.

Seperti contohnya adalah mesin dari Satria FU karena oleh pabrik tidak disediakan part oversize, jika ingin melakukan bore up harus memakai piston motor lain seperti piston milik CBR 150 yang memiliki bore 63,5 mm, atau piston Yamaha Scorpio yang memiliki bore 70 mm.

Contoh kapasitas mesin satria FU yang telah dinaikkan menggunakan piston dari CBR 150 yang semula hanya berkapasitas 147.3 cc menjadi 154.5 cc ( naik 7.2cc ) :

3.14 x 31.75 x 31.75 x 48.8 = 154.46 cc dan dibulatkan menjadi 154.5 cc



Pengertian Stroke Up
Arti dari Stroke Up adalah menaikkan panjang langkah piston dari yang semula bernilai pendek menjadi sedikit lebih panjang yang dapat dilakukan dengan melakukan perubahan posisi Big End atau poros engkol piston yang ada di kruk as sehingga jarak langkah piston menjadi bertambah jauh, Baik jarak piston ke TMA semakin tinggi dan juga jarak piston ke TMB semakin turun. Jadi kalau cuma merubah con rod atau stang piston dengan ukuran yang lebih panjang saja tidak bisa merubah stroke mesin.

Untuk melakukan stroke up ini juga bisa anda lakukan dengan beberapa cara dibawah ini.


  1. Dengan jalan memotong dan menggeser posisi poros big end con rod lebih jauh dari posisi kruk as.
  2. Dengan memasakn pen stroker produk after market, atau
  3. Dengan memasang kruk as utuh dari mesin motor lain ( swap stroke ).


Untuk jarak geser poros big en ini sebaiknya jangan terlalu ekstrim, geser sejauh 4 sampai 5 mili meter saja sudah cukup.


Pengertian Bore Up Dan Stroke Up

Untuk rekomendari stroke up yang penulis sarankan semuanya sama, asal pengerjaannya teliti dan presisi hasilnya juga sama sama memuaskan.

Khusus untuk ukuran pen stroke biasanya hanya ditulis Upping atau naiknya saja, sebagai contoh sebuah pen stroker aftermarket merk LHK diberi label LHK 3mm yang artinya jika anda menggunakan pen stroker ini, maka langkah piston akan bertambah naik 3 mm dan juga akan bertambah turun sejauh 3mm sehingga total naik dan turun menjadi 6 mm. Contoh penggunaan pen stroker pada satria yang menggunakan pen stroker 3mm adalah sebagai berikut :

Diketahui stroke awal = 48.8 mm memakai stroker 3 mm menjadi 54.8 mm sehingga kapasitas mesin berubah menjadi

= π x r x r x t
= 3.14 x 31 x 31 x 54.8
= 165.36 dan dibulatkan menjadi 165 cc

Hasil memakai stroker 3 mm kapasitas mesin yang semula hanya 147.3 cc berubah menjadi 165 cc.


Lebih bagus melakukan Bore Up atau Stroke Up ?
Untuk pilihan terbaik dalam meningkatkan kapasitas mesin apakah baiknya di bore up atau di stroke up adalah tergantung kebutuhan anda masing masing. Teori nya adalah dibawah ini.

Melakukan bore up atau memperlebar diameter piston akan menambah tenaga atau power mesin terkhusus untuk putaran atas, sedangkan untuk putaran bawah hasilnya melempem sehingga bore up ini cocok digunakan untuk motor yang akan dipakai adu balap jarak jauh.

Sedangkan melakukan stroke up atau mengubah langkah piston akan membuat kompresi mesin menjadi lebih padat. Hasilnya adalah torsi dari mesin motor akan bertambah sehingga efeknya mesin terasa sangat bertenaga di putaran bawah sedangkan di putaran atas akan melempem. Sehingga melakukan stroke up ini sangat cocok diaplikasikan ke motor yang akan digunakan untuk adu balap jarak pendek seperti drag dimana tarikan mesin di putaran bawah akan langsung mak nyuttt.

Diatas hanyalah sebuah teori saja, untuk hasil di lapangan bisa saja berbeda khususnya jika anda melakukan bore up dan juga stroke up secara bersamaan. Mungkin sampai disini dulu penjelasan mengenai pengertian dari bore up dan juga stroke up. Semoga bermanfaat. Untuk mencari artikel ini silahkan gunakan kata yang mirip seperti dibawah ini

arti bore up, cara melakukan bore up, tips bore up mesin, langkah melakukan bore up, kelebihan bore up, kekurangan bore up, arti stroke up, cara melakukan stroke up, tips melakukan stroke up, kelebihan stroke up, kekurangan stroke up

Berbagai sumber


Subscribe to receive free email updates: