Baguskah Memakai Tie Rod imitasi Pada Mobil ?

Advertisement
Spare part imitasi kendaraan - yang dimaksud dengan istilah barang imitasi atau suku cadang imitasi adalah sebuah spare part mobil yang dibuat oleh produsen non resmi yang mengacu pada kesamaan bentuk dan wujud dari aslinya namun tetap menggunakan merk dagang dari produsen pembuatnya. Sebagai contohnya adalah tie rod mobil imitasi, bearing mobil imitasi, kampas rem imitasi dan lain sebagainya. Marang imitasi ini bisa juga disebut sebagai barang aftermarket, jadi bukan barang palsu loh ya ?

Barang imitasi dan barang palsu ini adalah dua hal yang berbeda, jika barang imitasi ini produknya nyaris sama persis dan hanya ada beberapa perbedaan yang menunjukkan bahwa barang tersebut adalah bukan buatan pabrik resminya. Sedangkan yang dimaksud dengan barang palsu ini adalah suatu tindak kesengajaan membuat dan mendesain sebuah suku cadang yang mirip sekali dengan yang aslinya bahkan memberikan label bungkus yang sama dengan produk asli.

Baguskah Memakai Tie Rod imitasi Pada Mobil ?

Nah setelah mengetahui tentang barang imitasi dan barang palsu diatas, kali ini kita akan lebih fokus membahas bagus dan tidaknya penggunaan suku cadang imitasi ini seperti contohnya tie rod imitasi pada sebuah mobil. Khususnya mengenai bagus dan tidaknya jika kita menggunakan produk imitasi.

Baguskah Memakai Tie Rod imitasi Pada Mobil ?

Adapun yang membedakan dari produk original dan juga imitasi ini terletak pada bahan material yang digunakan serta teknologi pembuatannya. Produk original tentu dibuat dengan bahan pilihan yang berkualitas serta menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan produk aftermarket, sehingga hal inilah yang membuat biaya produksi menjadi lebih mahal.

Berbeda halnya dengan produk aftermarket alias imitasi ini rata rata dibuat dari bahan yang kualitasnya bisa nomor dua ataupun nomor tiga dan teknologi yang digunakan pun belum secanggih produsen otomotif papan atas sehingga imbasnya adalah harga jual suku cadang imitasi ini menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan produk original.

Belum lagi jika produk original yang dibeli dan dipasang di bengkel resmi dibebankan pajak ppn dan juga harganya telah di UP sehingga harganya pun menjadi jauh lebih mahal lagi. Dan saking mahalnya harga sparepart original banyak orang yang kemudian lebih memilih produk imitasi dengan alasan menghemat pengeluaran.

Apakah bagus menggunakan produk imitasi ?

Dari penjelasan diatas tentunya anda sudah bisa menarik kesimpulan bahwa barang imitasi ini dibuat dari bahan dengan kualitas nomor sekian dan menggunakan teknologi bisa sehingga tingkat keawetan produk imitasi ini jelas jauh dibawah produk produk original. Sebagai contoh jika anda menggunakan tie rod original mampu bertahan bahkan bisa sampai diatas 50.000km masa pakai, sedangkan bila memakai produk imitasi mungkin belum sampai jarak tempuh 30.000km sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Jadi bisa disimpulkan bahwa produk imitasi ini bagus dipakai untuk anda yang memiliki dana terbatas saat melakukan perbaikan kendaraan, dan kurang bagus bagi anda yang memiliki banyak dana karena ada pilihan lain yakni barang original ketimbang memilih yang imitasi.

Untuk artikel yang masih ada hubungannya dengan tie rod mobil silahkan baca baca yang berikut ini :

Subscribe to receive free email updates: