Kapan Kick Starter Motor Sebaiknya Digunakan ?

Advertisement
Tips otomotif motor - rata rata sepeda motor saat ini hampir pasti mengaplikasikan starter elektrik untuk menyalakan mesin sepeda motor walaupun ada kick starter pada mesinnya. Bahkan beberapa jenis motor sport saat ini malahan hanya memberikan starter elektrik dan tidak memberikan kick starter pada unitnya, salah satu contohnya adalah motor Yamaha Xabre yang tidak menanamkan kick starter seperti foto dibawah ini.

yamaha xabre tanpa kick starter

Lalu apa donk fungsi dari kick starter jika ternyata sudah ada elektrik starter yang notabene lebih memudahkan kita dalam menyalakan mesin motor ketimbang kita harus berulang ulang mengengkol kick starter.

Mitos kick starter untuk membuat agar mesin motor jadi awet

Malah saat ini masih banyak sekali mitos tanpa bukti yang menyebutkan bahwa kegunaan kick starter yang terpasang pada motor adalah untuk merawat mesin, jadi pada saat motor hendak dinyalakan disarankan mengengkol kick starter beberapa kali agar oli melumasi seluruh bagian mesin dan barulah di starter dengan starter elektrik.

Nyatanya pernyataan tersebut 100 persen salah total, sebab justru dengan menggunakan starter elektrik ini membuat pompa oli mesin langsung bekerja dan menyemburkan oli keseluruh permukaan mesin jauh lebih sempurna. Jadi mitos seperti diatas adalah salah. Coba bayangkan kalau mitos itu dikenakan ke mobil, apakah anda harus mendorong mobil terlebih dahulu baru di starter pakai kunci kontak ? saya rasa tidak kan ?

Lalu untuk apa kick starter tetap dipertahankan di motor yang ada starter elektriknya ?

Fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melakukan pertolongan pertama untuk menyalakan mesin sepeda motor dikala aki motor kalian rusak, sowak yang menyebabkan starter elektrik tidak berfungsi. Disinilah fungsi dan kegunaan kick starter sepeda motor saat ini sebaiknya digunakan.

Intinya jika opsi pertama gagal di starter dengan starter elektrik, maka opsi selanjutnya adalah menstarter dengan menggunakan kick starter. Kalau ternyata kick starternya rusak maka opsi ketiganya adalah dengan teknik memasukkan perseneling ke gigi 1 sambil terus ditekan, kemudian didorong dan melepas tuas perseneling alias starter dorong.

Nah bagaimana sekarang apakah anda sudah paham kapan sebaiknya kick starter digunakan ? Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: