Fungsi Rambut Yang Ada Pada Permukaan Ban

Advertisement
Pengetahuan ban mobil motor - mungkin ada sebagian dari kalian yang penasaran dan bertanya tanya dengan benda yang mirip rambut yang ada pada seluruh permukaan ban ketika anda membeli ban baru. Entah itu penasaran dengan asal muasal kenapa ada sebagian ban yang memiliki rambut dan ada sebagian lagi yang tidak memilikinya.

Sampai dengan penasaran apakah fungsi dari rambut yang ada pada ban tersebut dan apakah efeknya jika kita memotong atau menghilangkannya. Nah mungkin tulisan kami kali ini akan menjawab rasa penasaran dan bisa sedikit menambah ilmu pengetahuan mengenai seluk beluk dunia ban kendaraan bermotor.

rambut ban
Rambut pada ban sepeda


#Asal rambut yang ada pada ban kendaraan

Sebenarnya benda yang mirip dengan rambut seperti yang terlihat pada gambar diatas adalah sisal dari hasil proses pemasakan ban saat ban baru tersebut diproduksi. Didalam proses produksi ban terdapat beberapa tahapan yang pada tahap akhir ada yang dinamakan tahap curing atau pemasakan ban.

alat cetakan ban
Mold ban mobil


Tahap ini adalah suatu proses finishing untuk menyatukan semua bagian ban yang telah dirakit, mulai dari bread, polimer, karet dan lain sebagainya menjadi satu kesatuan utuh dan dimasak hingga benar benar menyatu, pada proses ini juga alur telapak ban dibuat. Guna mempercepat proses pendinginan dan agar material yang dicetak ditak luber, maka pada sebuah mesin curing didesain dengan beberapa lubang khusus sehingga setelah ban di press dan dicetak didalam mesin curing ini, sebagian karet ban yang mungkin memuai akan langsung masuk kedalam lubang rambut ini.

Baca juga : Ketahui bahaya memasang rotasi ban terbalik

#Fungsi rambut pada ban

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa rambut yang tercetak pada ban ini terjadi karena proses pembentukan ban, jadi mengenai fungsi rambut yang ada pada ban ini tidak lain hanyalah berguna bagi manufaktur atau produsen ban, dimana dengan desain molding ban yang demikian membuat proses pencetakan ban menjadi lebih cepat dan hasilnya lebih bagus. Bagi konsumen atau pemakai tidak ada fungsi apapun alias nol.


Kenapa rambut sisa produksi pada ban tidak dipotong dari pabriknya ?

Nah alasan mengapa sisa produksi yang berbentuk seperti rambut yang ada pada bagian ban ini tidak dipotong dari pabrikan adalah intinya proses produksi sampai distribusi menjadi lebih cepat dan singkat. Coba saja bayangkan berapa lama waktu yang diperlukan oleh produsen hanya untuk memotong ?.

Kenapa ban ada yang memiliki rambut dan ada yang tidak ?

Untuk penjelasan mengenai kenapa sebagian ban ada yang memiliki rambut bahkan sampai banyak jumlahnya, dan sebagian lagi tidak ditemukan adanya rambut adalah dikarenakan bentuk tapak ban yang berbeda beda. Untuk bentuk telapak atau alur ban yang tidak memiliki banyak lekukan seperti ban truk dan sejenisnya, maka kemungkinan volume karet terbuang sangat sedikit, sedangkan pada ban yang memiliki ukiran telapak ban yang banyak dan kecil kecil, pada proses pembuatan tentu akan banyak karet yang terbuang sehingga sisanya akan disalurkan ke lubang lubang rambut ini.


#Apakah rambut yang ada pada ban berbahaya ?

Nah yang satu ini banyak sekali orang yang salah kaprah dalam memberi kesimpulan, sebagian hanya mengira ngira dan mengaitkan dengan hal hal yang sebenarnya tidak benar, dan sebagian lagi hanya mendengar ucapan dari orang lain yang salah tafsir tersebut dan meneruskannya ke orang lain lagi sehingga menjadi kesalahan yang viral.

Rambut yang ada pada ban tadi tidak memberikan dampak apapun kepada konsumen baik itu dari segi handling ataupun dari segi bahaya, kenapa demikian ? setiap produsen bonavit sebelum benar benar menjual produknya, mereka selalu melakukan serangkaian tes dan uji kelayakan akan produk yang hendak dijualnya. Oleh sebab itu jika anda mendengar ada orang yang bilang adanya rambut ini bisa menambah handling atau berbahaya sebaiknya abaikan saja.


Apakah rambut ban perlu kita potong sendiri ?

Untuk urusan yang satu ini mungkin tergantung dari anda, jika memiliki banyak waktu luang alias kurang kerjaan bisa memotong rambut yang ada di ban dengan cutter. Namun jika kalian tidak terlalu ambil pusing akan hal ini juga tidak ada masalah membiarkannya tetap menempel di ban, toh juga tidak berbahaya sama sekali.

Baca juga : Bahaya mengintai dari cairan penambal ban otomatis

Bagaimana apakah anda sudah mengeti dengan jelas mengenai rambut yang ada di ban, fungsi dari rambut yang ada di ban, dan seberapa bahayakah rambut pada ban bagi kita. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share :).


Subscribe to receive free email updates: