Alasan Ban Bocor Samping Ditolak Tukang Tambal Ban

Advertisement
Bahaya tambal ban samping - kebocoran pada ban mobil tentu saja akan membuat kita selalu merasa khawatir karena mobil tanpa ban tentu saja tidak dapat berjalan normal, meskipun bisa tentu saja efeknya akan buruk baik terhadap mobil maupun keselamatan jiwa pengemudinya. Dan jika kita mendapati ban mobil kempis dan terindikasi bocor tentulah kita akan segera mencari tukang tambal ban terdekat guna memeriksakan apakah ban tersebut kempis karena bocor ataukah tidak.

Kebocoran yang dialami oleh ban mobil bisa terjadi dimana saja, kebanyakan berada tepat di telapak ban yang bisa diatasi denngan menambal tambalan tubeless jika ban tersebut menggunakan ban tubeless. Namun untuk kebocoran yang terjadi di bagian dinding ban, banyak tukang tambal ban menolak untuk melakukan penambalan. Memang ada apa kok tukang tambal ban tidak mau menambal ban yang bocor di samping ini ?

ban bocor samping

Pada umumnya hampir semua tukang tambal ban baik itu yang berada di pinggir jalan sampai tukang tambal ban yang ada di bengkel resmi sekalipun juga akan menolak untuk mengerjakan penambalan ban yang bocornya berada di dinding ban ini menggunakan penambal tubeless ( tambalan cacing ). Memang kebocoran ban yang berada dibagian dinding ban ini bisa dilakukan namun ada resiko besar yang tidak akan mau diambil oleh si tukang tambal karena akibatnya bisa sangat fatal.

Baca juga : Tips cara merawat ban agar lebih awet

Mengenal metode tambal ban tubeless

Metode penambalan ban bocor dengan penambal tubeless ini dilakukan dengan cara mencabut paku / material lain yang menyebabkan kebocoran, kemudian memperbesar lubang yang bocor tadi menggunakan alat khusus yang nantinya digunakan untuk memasukkan benang tambalan tubeless. Dan ini hanya bisa dilakukan pada kebocoran yang berada di bagian telapak ban karena pada bagian telapak ban ini terdapat serat baja yang mampu menahan benang penambal agar tidak terlepas.

Sedangkan pada bagian dinding ban tidak ada serat baja sama sekali, dan yang ada hanyalah benang nilon, sehingga jika kita memaksakan menambal bagian dinding ban yang bocor menggunakan tambalan tubeless tentu saja akan sia sia karena penambal tadi akan tercabut kembali atau malah bablas masuk kedalam ban.

Meskipun dipaksakan dan bisa tertambal, suatu saat juga akan terlepas ketika mobil sedang anda pakai, kenapa ? Karena tekanan ban yang paling besar ada pada area dinding, dan bila salah satu bagian dinding ban ada yang lemah, maka seluruh tekanan akan menuju ke bagian yang lemah ini sehingga terjadi efek udara mendorong penambal ban dari dalam.

Lalu bagaimana untuk menambal ban yang bocor disamping ?

Nah untuk menambal ban yang bocor dibagian samping ini anda tidak bisa melakukannya dengan menggunakan penambal tubeless model benang atau cacing, dan yang bisa kalian lakukan adalah menambal ban yang bocor tersebut dengan menggunakan metode tire pacth, yakni menambal ban yang bocor atau bahkan sobek sekalipun di bagian dindingnya dengan cara membongkar ban, lalu mengorek bagian dalam ban dan menambalnya dengan potongan karet khusus penambal dan kemudian dipress menggunakan pemanas.

Istilah metode penambalan ini di kalangan awam biasa disebut dengan istilah " tambal ban tip top " walaupun sebenarnya nama Tip Top ini adalah salah satu merk dagang.

Baca juga : Informasi apakah tambal ban Tip Top itu aman ?

Nah sudah tahu kan kenapa tukang tambal ban selalu menolak menambal ban yang bocor samping ini. Yang mereka pikirkan hanyalah keselamatan anda, sebab mereka takut berdosa jika sewaktu waktu anda celaka akibat tambalan yang mereka kerjakan lah yang menjadi penyebab semua ini :). Tukang tambal ban yang pintar tentu akan menolak mengerjakannya sebab resiko sudah sangat nampak didepan mata mereka.


Subscribe to receive free email updates: