Arah Rotasi Ban Terbalik Sangat Berbahaya

Advertisement
Rotasi ban terbalik - apakah efeknya bagi mobil yang kita kendarai?,mungkin beberapa dari pengguna mobil pernah menanyakan hal ini dan mendapat jawaban yang beraneka ragam mulai dari yang ngaco sampai yang ngaco.

Untuk sekedar ilmu tambahan bagi anda,ban yang memiliki arah rotasi dibedakan menjadi dua yakni ban direksional dan ban asimetris. Ban direksional ini biasa ditandai dengan bentuk anak panah yang menunjukkan arah putaran ban,sedangkan yang asimetris ditandai dengan tulisan inside dan outside pada dinding ban.

Arah Rotasi Ban Terbalik Sangat Berbahaya

Kedua jenis ban ini memiliki kembang telapak ban yang didesain secara khusus untuk mempercepat pembuangan air ketika mobil melintasi jalanan yang basah sehingga meminimalkan Aqua planning.

Bila anda sembrono dan mengabaikan aturan ini dengan merotasi ban secara silang sehingga arah rotasinya menjadi terbalik,maka ketika anda melintasi jalanan yang basah menyebabkan ban tidak membuang air keluar,malah menyedot masuk kedalam telapak ban sehingga Aqua planning menjadi tinggi yang pada akhirnya sering terjadi slip.

Stabilitas berkendara pun menjadi kurang nyaman bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan. Bila anda terpaksa untuk membalik arah rotasi yang dikarenakan bila menggunakan arah rotasi yang disarankan menyebabkan mobil narik ke salah satu sisi,sebaiknya balik arah rotasi hanya pada roda roda bagian belakang saja .

Membalik arah rotasi pada roda bagian belakang pada mobil dengan penggerak belakang seperti avanza,innova memiliki beberapa kuntungan yang diantaranya adalah lebih memperpendek jarak pengereman karena telapak yang dibalik lebih kuat mencengkeram aspal. Sisi buruknya adalah suara gemuruh yang ditimbulkan oleh ban menjadi sangat berisik dan tentu mengganggu anda karena suara bisa masuk hingga kabin.

Lebih bijaklah bila anda hendak membalik arah rotasi ban,sebaiknya anda bertanya kepada orang yang ahli dalam urusan ban seperti ahli spooring balancing.



Subscribe to receive free email updates: