Fungsi Dan Manfaat Menggunakan Spacer Pada Mobil

Advertisement
Fungsi dan manfaat spacer pada mobil - mungkin bagi sebagian orang sudah tahu bagaimana bentuk dan model spacer yang dijual dipasaran, terutama para modifikator yang setiap hari melakukan modifikasi terutama modifikasi di bagian kaki kaki yaitu melakukan perubahan dari penggunaan velg standard ke velg variasi aftermarket dengan gaya racing ( racing style ).

Lalu apa sih sebenarnya fungsi daripada spacer yang biasanya dipasang persis sebelum velg racing dipasangkan ini ? Bila beberapa waktu yang lalu kami mengulas mengenai bahaya menggunakan spacer mobil jika tidak dilakukan dengan baik, kali ini kami akan mengulas mengenai apa saja fungsi spacer mobil ini.

Fungsi dan manfaat spacer pada mobil

Fungsi spacer pada mobil dan velg


1. Membuat ban dan velg lebih menonjol keluar ( style )

Dari sekian banyak modifikasi, yang paling umum dilakukan untuk mobil mobil di indonesia pada bagian kaki kakinya adalah dengan membuat ban seperti menonjol keluar sehingga terkesan keren dan racing abis. Karena mungkin saja belum memiliki banyak dana guna membeli velg mobil model ini dan hanya bisa membeli velg racing biasa, untuk melakukan hal itu maka diperlukan penambahan plat spacer ini sebelum velg dipasangkan ke mobil. Penggunaan spacer untuk modifikasi ini juga harus sesuai aturan dan standar modifikasi, tidak boleh ngawur karena jika tidak akibatnya akan sangat fatal, seperti contohnya adalah ban mobil bisa terlepas saat dipacu dengan kecepatan tinggi.

2. Sebagai adapter ban 5 baut ke PCD 4 baut



spacer 4 baut ke 5 baut
Spacer adapter 4 to 5
Terkadang ada orang yang berminat untuk memasang velg roda dengan jumlah lubang bautnya sebanyak 5 buah karena mungkin model velg tersebut sangat keren dan menarik. Namun kendala yang harus dihadapi ialah velg tersebut akan dipasang di mobil Avanza yang hanya memiliki 4 buah baut roda, nah dengan menggunakan spacer ini kita bisa mengatasi masalah seperti ini.


3. Mengatasi velg variasi yang kandas ke lower arm

Terkadang penggunaan velg dengan tapak yang lebar, ketika dipakai belok maka bagian dalam velg ini kandas ke bagian kampak bawah atau lower arm. Nah agar tidak terjadi yang demikian maka diperlukan penambahan spacer untuk mengakali agar nantinya tidak kandas lagi saat mobil dipakai belok tajam.

Untuk melakukan pemasangan spacer ini sebaiknya jangan menggunakan bahan yang kualitasnya ringkih, biasanya spacer ringkih ini banyak dijual di bengkel pinggir jalan walaupun beberapa memang menjual yang kualitasnya bagus.

Untuk lebih meyakinkan akan kualitas dari spacer tadi sebaiknya beli di bengkel khusus modifikasi kaki kaki. Oh iya, sebaiknya sebelum anda benar benar memutuskan untuk membeli spacer mobil, perlu juga anda ketahui efek buruk dari penggunaan spacer ini jika dilakukan secara asal, untuk informasi mengenai bahaya menggunakan spacer bisa membaca tulisan kami terdahulu dibawah ini.

Baca juga : Bahaya menggunakan spacer kualitas rendah

Pastikan juga anda menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah apa saja yang bisa terjadi jika menambahkan spacer pada mobil seperti ini. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: