Penyebab Setir Mobil Goyang Di Kecepatan Tinggi

Advertisement
Setir mobil goyang di kecepatan tinggi - salah satu hal yang membuat pengemudi merasa sangat tidak nyaman ketika berkendara selain jalanan yang macet adalah setir mobil yang terasa goyang, terlebih lagi jika setir tersebut goyang di kecepatan tinggi diatas 100km/jam atau 120km/jam. Selain membuat si pengemudi, setir mobil yang goyang di kecepatan tinggi ini juga sangat membahayakan anda karena kendali kendaraan menjadi sedikit lebih sulit dan rawan akan kecelakaan.

Lalu apa sih penyebabnya kenapa setir mobil bisa goyang di kecepatan tinggi ini ? untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan anda baca artikel ini hingga tuntas, sebab penyebab setir mobil terasa goyang apalagi bergetar di kecepatan tinggi ini juga bermacam macam.

Penyebab Setir Mobil Goyang Di Kecepatan Tinggi

#Penyebab setir mobil goyang di kecepatan tinggi


1. Velg yang bengkok karena sering menghajar lubang

Salah satu penyebab utama kenapa setir mobil bisa goyang ialah karena adanya velg mobil yang bengkok, bengkoknya velg ini penyebabnya juga bermacam macam dan salah satunya adalah sering nya mobil dipakai tidak aturan dijalanan berlubang sehingga velg yang semula bulat sempurna menjadi ada yang bengkok di beberapa bagiannya. Jangankan lubang di jalanan, bekas sobekan ban truk di tol ataupun polisi tidur tipis yang dilibas juga bisa membuat velg mobil ini jadi penyok.

Baca juga : Penyebab dan mengatasi setir mobil terasa melayang

2. Ban depan ada yang benjol ringan

Bisanya penyebab terjadinya setir goyang di kecepatan tinggi ini selain disebabkan karena velg yang bermasalah, ternyata ban pun juga demikian. Ban bagian depan yang sedikit benjol entah itu karena pernah memompa terlalu keras dan menghantap lubang, atau bekas tambalan tubeless bisa menyebabkan setir mobil menjadi goyang dan bergetar di kecepatan tinggi, sedangkan di kecepatan rendah tidak akan terasa.

#Cara mengatasi setir mobil yang goyang pada kecepatan tinggi

Untuk mengatasi hal ini anda bisa mencoba melakukan pengecekan secara visual apakah ban bagian depan mobil anda ada yang putarannya tidak simetris atau velg nya bengkok ataukah tidak dengan cara mendongkrak mobil hingga ban terangkat lalu memutarnya. Jika iya anda dapat merotasi ban yang bermasalah tersebut dengan ban serep atau ban belakang. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa melakukan balancing pada ban mobil tadi untuk menghilangkan efek goyang dan getar pada setir mobil.


#Jenis balancing pada roda mobil

Untuk jenis dari pengerjaan balancing sendiri juga ada dua jenis, yang pertama ialah balancing biasa yakni dengan mencopot roda mobil dan memasangkannya ke mesin balancing. Dan yang kedua ialah FINISH BALANCE dimana pengerjaan balancing ini dilakukan langsung ke roda mobil tanpa harus melepas roda tersebut. Jika mobil kalian termasuk mobil biasa yang bukan merupakan mobil dengan power besar cukuplah melakukan balancing biasa.

Namun jika mobil anda termasuk mobil bermesin gahar yang setiap hari melaju dengan kecepatan diatas 120km/jam saran terbaik ialah membalancing mobil dengan FINISH BALANCE. Untuk kelebihan dan kekurangan dari masing masing jenis balance tersebut akan kami bahas dilain kesempatan.

Baca juga : Inilah manfaat rutin melakukan spooring balancing

Nah semoga tulisan diatas dapat memberikan anda sedikit pengetahuan mengenai masalah setir kemudi mobil goyang dan getar di kecepatan tinggi. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: