Baguskah menggunakan Ball Joint Mobil Imitasi ?

Advertisement
Menggunakan ball joint KW pada mobil - sering kali kita mendengar istilah dalam dunia otomotif mengenai barang atau suku cadang yang bukan merupakan buatan asli manufaktur mobil yang bersangkutan, mereka biasa menyebutnya ball joint ini dengan istilah ball joint KW, ball joit imitasi, dan bahkan yang paling ngenes menyebut ball joint seperti ini dengan sebutan ball joint palsu.

Agar tidak rancu dan mendeskrit kan produk seperti ini penulis biasanya menyebut istilah ini dengan sebutan ball joint aftermarket :). Yang namanya benda aftermarket tentu saja dari segi cara pembuatan, bahan baku sampai kualitasnya jauh berbeda dengan produk suku cadang asli buatan pabrikan mobil, misalnya saja ball joint original untuk Kijang Innova VS ball joint aftermarket untuk Kijang Innova.

ball joint mobil

Hingga saat ini masih banyak sekali pengguna kendaraan roda empat memilih menggunakan produk bukan asli buatan pabrik alias produk aftermarket ini karena harganya yang sangat murah, bisa sampai 30% lebih murah jika dibandingkan dengan kita membeli produk originalnya. Nah pertanyaannya adalah apakah menggunakan ball joint non original alias ball joint KW ini bagus ?

Seperti yang telah kami uraikan diatas bahwa kualitas dari ball joint bukan original jauh berbeda dengan kualitas produk asli, hal ini sangat kentara dan bisa anda lihat dari bahan material pembuatannya, memang bentuknya sama persis, namun ada beberapa bagian yang tetap saja berbeda pada ball joint aftermarket ini. Atau bisa juga bentuknya 100% sama dengan yang asli namun bahan materialnya sangat jauh berbeda, hal inilah yang membuat harga ball joint KW ini lebih murah.

Baca juga : Fungsi utama ball joint dan cek kerusakannya

Kelebihan menggunakan ball joint imitasi

Satu satunya kelebihan yang dimiliki oleh ball joint KW ini adalah harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan ball joint original, sehingga jika anda tidak memiliki dana yang cukup untuk mengganti ball joint mobil yang rusak, membeli ball joint imitasi ini adalah pilihan yang tepat. Begitupun sebaliknya jika anda lebih memilih untuk membeli ball joint yang bisa awet dan tahan lama maka membeli yang original sangat disarankan.

Kekurangan menggunakan ball joint imitasi

Karena produk seperti ini dibuat dengan bahan yang murah tentu saja kualitasnya juga akan menurun ( walaupun harganya murah ) sehingga jika anda memilih menggunakan barang imitasi seperti ini, resiko cepat rusak komponen ini menjadi dua kali lipat dibandingkan dengan jika anda menggunakan ball joint asli. Misalnya jika kalian menggunakan ball joint asli mungkin ball joint tersebut akan rusak setelah menempuh jarak sejauh 60.000km, sedangkan ball joint imintasi mungkin belum mencapai 40.000km sudah mengalami kerusakan seperti oblak atau macet sehingga membuat setir mobil menjadi berat. Nah kasus setir mobil jadi berat ini sudah banyak sekali dan salah satunya adalah macetnya ball joint.

Bisakah ball joint rusak diperbaiki ?

Untuk komponen understeel yang satu ini jika rusak, beberapa type ball joint bisa dilakukan perbaikan namun tidak bisa bertahan lama, mungkin 1 atau 2 bulan sudah rusak kembali. Beberapa model ball joint lain tidak bisa diperbaiki dan harus dilakukan penggantian jika mengalami kerusakan.

Ciri ball joint asli dan yang palsu atau aftermarket

Terkadang karena ketidak tahuan pembeli jika ingin membeli ball joint di toko, terkadang ada beberapa pemilik toko sparepart nakal yang mengatakan bahwa ball joint yang dijualnya adalah original padahal imitasi alias palsu. Untuk mengetahui ciri ciri ball joint mobil palsu sebaiknya anda konsultasikan langsung ke teman anda yang paham mengenai keasli an dari sparepart ball joint tersebut.

Namun yang jelas antara produk asli dan imitasi memiliki perbedaan alias tidak dibuat sama persis, hal ini bertujuan agar dealer resmi / bengkel resmi mudah dalam mengidentifikasi sehingga proses penggantian bisa dengan cepat dilakukan. Perbedaan yang dimaksud misalnya adanya baut penyetel ball joint, adanya perbedaan tonjolan pada karet ball joint, adanya perbedaan warna logam pada ball joint dan lain sebagainya.

ciri ball joint asli dan palsu
Contoh perbedaan ball joint isuzu panther
kiri imitasi sedangkan yang kanan adalah asli


Baca juga : Penyebab ball joint mobil cepat mengalami kerusakan

Nah mungkin sampai disini tulisan kami mengenai bagus dan tidaknya menggunakan ball joint non original. Anda lebih memilih menggunakan produk yang mana, apakah original atau aftermarket tergantung anda.


Subscribe to receive free email updates: