Fungsi Ball Joint Dan Mengecek Kerusakan Ball Joint

Advertisement
Fungsi ball joint - didunia otomotif roda empat kita sering kali mendengar istilah ball joint, lalu sebenarnya apakah ball joint itu, dan apakah fungsi dari ball joint tersebut terhadap kendaraan roda empat ?

Ball joint adalah salah satu komponen yang terdapat pada mobil khususnya dibagian understeel atau kaki kaki mobil. Fungsi dari ball joint ini adalah untuk mengikat knucle atau as roda terhadap arm, baik yang ada pada upper arm yang kemudian disebut juga dengan upper joint, maupun yang ada pada lower arm yang biasa disebut dengan lower joint sehingga dapat mempertahankan posisi as roda pada tempatnya ketika mobil dibelokkan.

Fungsi Ball Joint Dan Mengecek Kerusakan Ball Joint


Bila komponen ini sampai rusak tentu saja bisa menimbukan masalah seperti timbulnya bunyi mencicit ketika belok, liar nya setir kemudi dan mobil menjadi susah untuk dikendalikan. Kerusakan ball joint terutama pada bagian upper joint juga dapat mengakibatkan ban menjadi aus pada bagian dalamnya atau bahkan aus secara bergelombang, berintik atau keriting.

Apa saja ciri ball joint yang telah mengalami kerusakan

Beberapa ciri umum yang bisa diketahui apakah ball joint mobil masih dalam kondisi bagus dan layak pakai ataukah tidak ialah sebagai berikut :


  1. Timbulnya suara mendecit seperti besi bergesekan dengan besi ketika mobil belok.
  2. Timbul suara glodak glodak pada bagian depan roda kendaraan
  3. Ban aus tidak merata, aus bagian dalam.
  4. Karet penutup atau but dari ball joint tersebut sudah robek.


Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan ball joint yang telah mengalami kerusakan.

Cara mengetahui dan mengecek apakah ball joint mobil masih layak pakai ataukah tidak caranya adalah sebagai berikut :

cek ball joint rusak


  • Pertama silahkan anda dongkrak roda depan kendaraan, pasang jackstand kemudian turunkan dongkraknya.
  • Pegang sisi sisi roda pada bagian atas dan bagian bawah, kemudian goncang goncangkan roda tersebut ke arah luar dan dalam, bila terdapat bunyi atau adanya spasi atau roda tersebut goyang, cobalah meminta bantuan teman untuk menginjak pedal rem mobil dan ulangi pengecekan dengan cara yang sama.
  • Bila setelah di injak rem dan dilakukan pengecekan ulang ternyata kocaknya hilang bisa dipastikan bahwa yang rusak hanyalah bearing rodanya. Namun jika baik rem di injak maupun tidak dan dilakukan pengecekan ternyata hasilnya sama sudah bisa dipastikan ball joint telah mengalami kerusakan dan harus sebaiknya dilakukan penggantian.


Baca juga : Memilih solusi tie rod yang rusak, diperbaiki atau diganti baru ?

Nah begitulah tadi cara mengecek kerusakan ball joint pada mobil berikut pengertian dan fungsi dari ball joint yang bisa kalian pelajari. Ingatlah selalu melakukan perawatan kaki kaki mobil ( understeel ) agar kendaraan terbebas dari hal hal yang tidak di inginkan serta berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman.


Subscribe to receive free email updates: