Penyebab Ball Joint Mobil Sering Rusak

Advertisement
Ball joint rusak - menyebalkan bila mobil yang kita miliki terdapat kerusakan kerusakan seperti rusaknya ball joint yang menyebabkan selain aktifitas sehari hari menjadi terganggu juga membuang buang waktu berharga yang kita miliki.

Ball joint mobil yang rusak memang terlihat sangat sepele, namun orang yang mengerti mobil tentu khawatir dengan kerusakan part yang satu ini sebab bisa mengakibatkan lepasnya posisi dudukan roda yang berakibat kecelakaan fatal. Yang lebih menjengkelkan lagi adalah ball joint mobil tersebut mudah sekali rusak padahal baru saja diganti dan part penggantinya pun original.

Lalu apakah sebenarnya penyebab sering rusaknya ball joint mobil kesayangan anda, apakah memang kualitas dari ball joint tersebut jelek ataukah ada faktor lain yang dapat mengakibatan ball joint mobil menjadi rusak ?. Yuk simak ulasan dibawah ini.

penyebab ball joint mudah rusak
ball joint rusak via youtube.com


Sering kali orang menuduh kualitas produk dari ball joint yang buruk sehingga menyebabkan seringnya mengalami kerusakan dalam waktu yang singkat, padahal hal ini tidaklah benar, ada beberapa penyebab kenapa ball joint sering mengalami kerusakan walaupun part tersebut original adalah sebagai berikut.

1.Ball joint rusak karena sudut chamber mobil terlalu minus

semakin minus sudut chamber mobil maka proses rusaknya akan semakin cepat, namun chamber yang minus inilah yang membuat kendali mobil menjadi sangat stabil. Bisa saja sudut chamber diubah lebih ke arah positif, akan tetapi dampaknya adalah pengendalian mobil menjadi liar, setir terasa melayang dan seakan akan mobil terasa tergelincir. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya dilakukan spooring yang tepat. Sudut chamber yang bagus adalah -0.15 hingga -0.25 derajat, lebih atau kurang dari itu kurang baik.

2.Ball joint rusak karena sering melewati jalanan rusak

Hal ini sangatlah wajar sebab mobil yang seringkali melewati medan atau jalan dengan kondisi yang buruk dapat mengakibatkan cepat rusaknya ball joint mobil. Jadi walaupun part ball joint tersebut berkualitas original atau super sekalipun jika sering melewati jalanan yang rusak, bergelombang tentu akan mengalami nasib yang sama. Cara mengatasi hal ini adalah dengan jalan menghindari jalanan dengan kondisi yang buruk. Nah, bagaimana jika ternyata hanya jalanan yang buruk itu adalah satu satunya jalan yang dapat diakses ?. atasi dengan mengendalikan laju kendaraan selambat mungkin.

3.Ball joint rusak karena karet pelindung yang robek

Karet pelindung atau but adalah bagian paling penting yang melindungi celah dari joint terhindar dari debu, air dan juga kotoran seperti pasir dan sebagainya agar tidak masuk dan merusak. Ball joint yang telah robek karet pelindungnya ini tentu saja berakibat masukknya air dan pasir kedalamnya sehingga ball joint akan berkarat kemudian terkikis dan mengalami kerusakan.

Baca juga : Fungsi ball joint dan cara mengecek ball joint yang rusak

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa ball joint mudah rusak dan bagaimana cara menghindari agar ball joint mobil kesayangan menjadi lebih awet dan bertahan lama. Maka dari itu rajin rajinlah melakukan pengecekan bagian kaki kaki mobil dan melakukan perawatan.


Subscribe to receive free email updates: