Tambal Ban Tip Top Apakah Aman ?

Advertisement
Tambal ban tip top - salah satu dari sekian banyak teknik menambal ban adalah dengan cara ditambal menggunakan teknik tip top dimana prosesnya adalah dengan memberikan lapisan karet penambal pada bagian dalam dari ban type tubeless.

Dan teknik tambal ban tip top ini memiliki kelebihan dimana teknik tambal ban jenis cacing tidak dimiliki yakni bisa digunakan untuk menambal pada bagian dinding ban yang bocor, dimana penambal ban jenis cacing tidak bisa dilakukan. Lalu muncul pertanyaan apakah tambal ban tip top ini aman untuk kendaraan kita, khususnya untuk ban mobil ?

cara tambal ban tiptop


Tambal Ban Jenis Tip Top

Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu tambal ban tip top, tambal ban tip top adalah metode penambalan ban dengan jalan kita merekatkan sebuah lapisan karet penambal pada bagian dalam ban tubeless type, dan sebelum dilakukan perekatan biasanya ban yang bocor sedikit dikerik menggunakan gerinda khusus dengan maksud agar lapisan penambal ini nantinya bisa kuat merekat.

Setelah karet penambal tadi direkatkan barulah di press dengan alat pengepress khusus yang juga berfungsi sebagai pemanas, gunanya adalah untuk lebih menguatkan rekatan karet penambal tadi pada permukaan bagian ban yang ditambal. Sekilas cara ini mirip dengan cara menambal ban dalam.

Baca juga : Merk benang tambal tubeless terbaik

Keamanan tambal ban tip top

Dilihat dari segi keamanan dapat kita lihat dari seberapa parah kebocoran yang dialami oleh ban yang ditambal menggunakan metode ini, jika ban tersebut memiliki lubang kebocoran yang kecil misal tertusuk paku payung dan lain sebagainya, tambalan tip top ini bisa dikatakan sangat aman. Bahkan di beberapa negara menggunakan tambalan tip top ini untuk menambal lubang pada ban yang memiliki diameter besar seperti diameter diatas 2 inchi bahkan ada yang sampai selebar telapak tangan orang dewasa ditutup dengan teknik menambal ini.

Kelebihan tambal ban tip top

Tambal ban jenis ini memiliki kelebihan dibanding tambal ban jenis lain yakni tingkat keawetan lebih tahan lama ( tidak gampang bocor. Selain itu tambalan jenis tip top ini bisa digunakan menambal bagian dinding ban yang bocor, dimana jenis tambalan lain tidak bisa digunakan untuk menambal, mengingat pada bagian dinding ban tidak terdapat kontruksi serat baja.

Bahkan termasuk juga untuk menambal ban yang bocor dan memiliki lubang besar menganga bisa ditambal dengan menggunakan tip top. Bisa juga digunakan menambal bagian ban tubeless yang memiliki kebocoran memanjang / sobek seperti misalnya tertancap besi pelat pipih.

Kekurangan tambal ban tip top

Untuk kekurangan dari penambal ban tip top ini sepertinya masih bisa dimaklumi yaitu harga yang relatif lebih mahal yakni dua kali lipat dari jenis tambalan ban yang lain. Serta waktu yang dibutuhkan memakan waktu lebih lama, 1 lubang biasanya memakan waktu sekitar 30 menit untuk proses penambalan. Namun hal ini masih bisa dimaafkan mengingat kelebihannya tambal ban ini sangatlah baik.

Baca juga : Tambal ban tubeless VS TipTop bagus yang mana ?

Nah itulah sedikit informasi mengenai apa itu tambal ban tip top serta kekurangan dan kelebihan menggunakannya. Semoga artikel diatas dapat memberikan informasi yang jelas kepada anda yang mungkin saat ini sedang membutuhkan referensi mengenai tambal ban tip top.


Subscribe to receive free email updates: