Mengenal Apa Itu Transmisi CVT Pada Mobil

Advertisement
Pengertian Transmisi CVT Mobil - CVT ialah kependekan dari Continous Variable Transmission yang berarti sebuah sistem transmisi matic generasi terbaru yang perpindahan giginya bukan menggunakan sebuah perseneling seperti halnya mobil bertransmisi manual ataupun mobil matic lawas. Satu hal yang paling kentara dari model transmisi matik CVT adalah mirip sekali dengan sepeda motor matic yang perpindahan giginya menggunakan dua buah pulley sejajar yang dihubungkan dengan sebuah sabuk berbahan serat baja kuat.

Kedua pulley yang dimaksud adalah satu buah pulley berfungsi sebagai penggerak, sedangkan pulley lainnya berfungsi sebagai pengerak ( digerakkan ) dimana pulley pulley ini bisa secara otomatis menyesuaikan gigi yang disesuaikan dengan seberapa besar kecepatan yang dibutuhkan oleh sebuah mobil. Bila anda pernah membongkar CVT sepeda motor matic, ya kurang lebih seperti itulah bentuknya, atau bisa coba melihat gambarnya dibawah ini.

pengertian transmisi CVT mobil

Baca juga : Bahaya dorong mobil matic waktu mogok, transmisi bisa jebol

Cara kerja transmisi jenis CVT

Untuk cara kerja dari transmisi model ini berbeda dengan transmisi model manual yang masih mengubah torsi dan kecepatan dengan memanfaatkan gear planetary, pada transmisi CVT ini cukup menggunakan dua buah pulli yang dihubungkan dengan sebuah sabuk atau tali yang terbuat dari baja. Kedua pulley yakni penggerak dan yang digerakkan akan secara otomatis menyempit dan melebar sesuai dengan tingkat kecepatan yang dibutuhkan oleh sebuah mobil.

Kelebihan transmisi jenis CVT


  • Setiap teknologi terbaru tentu saja memiliki kelebihan yang diusungnya, khusus untuk transmisi mobil model CVT ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh transmisi lain dalam hal perpindahan gigi, untuk model CVT ini sangat halus sekali dan tidak terasa efek menghentak atau shiffing layaknya transmisi manual ataupun matic model lawas.
  • Selain itu penggunaannya juga sangat gampang, anda cukup memainkan pedal gas dan kopling saja tanpa harus repot repot memainkan gigi perseneling lagi.
  • Efisiensi penggunaan bahan bakar akan lebih meningkat, hal ini mengingat rpm mobil dengan transmisi CVT jauh lebih stabil bila dibandingkan dengan yang non CVT. Berbeda dengan mobil manual atau matic lawas yang ketika memindahkan gigi, rpm akan menurun drastis sehingga kita perlu menginjak gas lebih dalam lagi. Karena hal ini juga lah kenapa pada mobil hybrid banyak yang mengaplikasikan model transmisi yang satu ini guna membuat konsumsi bahan bakar sehemat mungkin, sebut saja contohnya ada pada mobil Toyota Prius.
  • Yang tidak kalah keren adalah Engine brake dari transmisi mampu bekerja dengan sangat baik, dengan begitu kita tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem sehingga komponen rem tidak mudah overheat dan rusak.



Kekurangan transmisi mobil jenis CVT


  • Setiap kelebihan tentu akan dibarengi dengan kekurangan kekurangan yang dimiliki oleh suatu pengembangan teknologi. Pada transmisi model CVT ini pun juga demikian, kekurangan yang paling menonjol adalah tingkat akselerasi tidak sebaik dan sebagus mobil transmisi manual, dan sangat jelas bahwa mobil dengan teknologi ini hanya dikhususkan untuk orang orang yang kalem dan tidak ugal ugalan dalam menggunakannya.
  • Disamping itu juga pada mobil dengan transmisi CVT bila mengalami kerusakan, maka biaya perbaikannya juga akan memakan biaya yang jauh lebih mahal lagi dibandingkan mobil bertransmisi matic konvensional karena teknologinya tentu jauh lebih rumit lagi.


Baca juga : Kelebihan mobil transmisi manual dibandingkan matic

Contoh mobil yang sudah menggunakan transmisi CVT di indonesia

Beberapa jenis mobil ini di indonesia sudah mengaplikasikan teknologi transmisi model CVT yang diantaranya adalah mobil Toyota Prius, Mitsubishi Outlander Sport, Honda Jazz, Honda Mobilio, Honda Odyssey, Nissan juke, Nissan Xtrail dan banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

pengertian transmisi CVT mobil

Nah semoga sampai disini anda bisa dengan mudah memahami dengan apa yang dimaksud dengan transmisi model CVT serta kelebihan dan kekurangan transmisi mobil jenis CVT. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.


Subscribe to receive free email updates: