Mengenal Apa Itu Ergonomis Mobil

Advertisement
Pengertian ergonomis mobil - didalam dunia otomotif roda empat anda mungkin akan sering mendengar istilah ergonomis, terlebih ketika seorang sales yang menawarkan mobil andalannya baik saat di pameran mobil seperti di GIASS ataupun di dealer resmi yang kalian datangi. Ergonomis biasanya dikaitkan dengan nyaman tidaknya kita saat duduk dan berkendara dengan menggunakan sebuah mobil.

Semakin enak dan nyaman suatu mobil ketika diduduki ataupun digunakan, maka desainer mobil tersebut telah menerapkan konsep ergonomis pada mobil tersebut dengan sangat baik, tingkat ergonomis suatu mobil tidaklah sama tergantung dimana mobil tersebut dipasarkan dan seperti apa kenyamanan yang dibutuhkan oleh target pasar mereka.

pengertian ergonomis mobil

Arti ergonomis yang ada pada mobil

Ergonomis berasal dari kata ergonomi yang berarti ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu pertimbangan dalam sebuah usaha dalam mendesain sebuah benda lingkungan buatan ataupun fasilitas yang ada dan manusia adalah yang menjadi acuannya. Dengan begitu ergonomis mobil bisa dikatakan sebuah usaha yang dilakukan oleh desainer manufaktur sebuah mobil agar nyaman ketika digunakan oleh manusia itu sendiri.

Ergonomis = sebuah fasilitas yang bersifat ergonomi. Untuk sebuah mobil / kendaraan roda empat lain, makna arti ergonomis disini adalah dimana desain yang ergonomis adalah desain yang bisa membuat si pengemudi maupun penumpang mobil akan merasa nyaman dan juga aman menggunakan mobil tersebut selama perjalanan.

Baca juga : Manfaat spoiler yang ada dibagian belakang mobil

Ergonomis ini biasanya dikaitkan dengan interaksi tubuh manusia terhadap apapun yang ada didalam mobil. Sebuah mobil dikatakan tidak ergonomis ketika anda akan merasa capek dan pegal pegal baik dibagian pinggul ataupun pundak selama anda berkendara. Agar anda tidak merasakan hal yang demikian maka sebaiknya ketika hendak memutuskan akan membeli sebuah mobil, sebaiknya anda juga memeriksa  aspek ergonomis yang ada pada mobil yang anda inginkan tersebut, bila memang pas dan sesuai anda bisa memutuskan untuk membelinya, namun jika ternyata tidak ergonomis sama sekali sebaiknya anda urungkan niatan untuk membeli karena bisa jadi malah akan menyiksa anda ketika memakainya.

Kategori yang masuk dalam ergonomis mobil

Banyak sekali hal hal yang menyangkut ergonomis mobil seperti diantaranya adalah posisi panel instrumen serta beberapa tombol yang ada didalam kabin mobil bisa dengan mudah diakses dan dijangkau dari baik kursi kursi pengemudi maupun kursi penumpang dan posisinya tepat, sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada anda dan keluarga.

Nah sudah mengerti kan mengenai apa yang dimaksud dengan istilah ergonomis yang ada pada sebuah kendaraan ?. Pastikan anda selalu mempertimbangkan sisi ergonomis suatu mobil sebelum benar benar memutuskan untuk membelinya. Salah satu hal yang paling mencolok mengenai segi ergonomis adalah :

  • Apakah kursi atau jok bisa diatur dan disesuaikan posisinya senyaman mungkin disaat berkendara ataukah tidak
  • Apakah cara mengatur kursi atau jok ini merepotkan ataukah tidak
  • Apakah tubuh anda nyaman berada di kursi tersebut dan tidak merasakan pegal ataukah tidak
  • Apakah anda merasa nyaman ketika menginjak pedal kopling rem dan gas ataukah tidak,
  • Bagaimana posisi spion mobilnya, nyaman dan enak untuk digunakan melihat kendaraan lain di belakang ataukah tidak
  • Dan yang tak kalah penting adalah anda bisa dengan mudah menjangkau semua instrumen yang ada pada dasboard mobil.


Baca juga : Perhatikan load index ban agar mobil tidak kelebihan beban muatan

Di beberapa dealer mobil pasti akan menyediakan sebuah unit mobil test drive yang sengaja mereka sediakan untuk anda coba mengendarainya, sehingga anda bisa merasakan ke ergonomisan mobil yang diinginkan dan lebih memantapkan diri anda untuk memutuskan membeli. Mungkin sampai disini sudah cukup penjelasan mengenai pengertian apa itu ergonomis pada mobil, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: