Ketahui Load Index Ban agar Muatan Tidak Overload

Advertisement
Keamanan ban - ketika sedang bepergian di hari libur besar seperti mudik lebaran ataupun merayakan hari raya idul adha banyak sekali orang orang mudik menggunakan mobil serta membawa barang atau muatan yang banyak, saking banyaknya sampai sampai harus ditaruh diatas mobil.

Mereka biasanya tidak menghitung berat masing masing beban muatan dan hanya mengira ngira saja, padahal membawa barang muatan yang terlalu berlebih atau overload didalam mobil dapat menyebabkan kejadian yang fatal seperti pecah ban yang pada akhirnya terjadi kecelakaan.


load index ban



Tiap jenis mobil tentu memiliki kapasitas angkut beban yang berbeda dan hal ini sangat tergantung dengan type ban yang saat ini digunakan. Didalam sebuah ban terdapat indikator seberapa berat muatan yang mampu diterima oleh ban tersebut yang dinamakan dengan sebutan Load Index atau disingkan dengan " LI ". Dan dari sinilah kita dapat mengetahui seberapa besarkah berat beban yang bisa kita angkut nantinya menggunakan mobil kesayangan anda.

Untuk mengetahui seberapa besar load index pada ban yang saat ini sedang kalian gunakan, bisa melihatnya pada tulisan yang ada di dinding ban bagian luar ( side wall ), biasanya angka Load Index ini tertulis pada bagian akhir dari model ban, sebagai contoh ban ukuran 185/65/ R16 88V, nah disini load index ban tersebut adalah 88. Apa arti angka Load Index 88 ini ? Untuk mengetahuinya anda harus melihat sebuah tabel khusus yang diberikan oleh pabrikan ban tersebut.

Untuk ban jenis bridgestone dengan Load Index ban 88 ini mampu mengangkut beban muatan yang setara dengan 560 kilogram. Untuk arti angka load index yang lain bisa kalian tanyakan kepada si penjual ban atau dapat mengunjungi website resmi produsen ban, biasanya mereka memberikan informasi ini didalam website nya.

Nah jadi tidak khawatir lagi bukan bila anda sudah mengetahui informasi mengenai seberapa besar beban muatan yang mampu diterima oleh ban mobil kalian ?. Selain memperhatikan load index tersebut anda juga memperhatikan hal hal lain seperti penggunaan tekanan ban yang sesuai, memeriksa ada tidaknya benda tajam yang mungkin terselip diantara celah telapak ban, dan lain sebagainya.

Baca juga : Kenapa mobil mesin diesel perlu di bersihkan tangki solarnya ?

Untuk ban yang memiliki banyak lubang tambalan pun sebaiknya jangan digunakan karena sangat beresiko, cukup gunakan sebagai ban serep saja jika anda sayang untuk membuang ban yang memiliki banyak tambalan tadi. Semoga informasi ini bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: