Ganti Ban Mobil Tanpa Ganti Pentil Apakah Aman ?

Advertisement
Keamanan ban mobil - setiap ban yang telah mengalami keausan sampai batas indikatornya sebaiknya sesegera mungkin dilakukan penggantian agar kita menjadi lebih tenang, aman dan selamat ketika berkendara dijalanan terutama di aspal basah di musim penghujan.

Dan biasanya di beberapa toko yang menjual ban baru ada yang memberikan penggantian pentil ban secara cuma cuma alias gratis, dan ada beberapa toko yang tidak memberikan secara gratis alias menawarkan kepada calon konsumennya apakah mau ganti pentil nya sekalian ataukah tidak, dan dikenai biaya tambahan bila ingin mengganti pentil ban. Memang dunia bisnis tentu ada saja trik bagaimana menambah pemasukan uang seperti contohnya yang anda baca diatas tadi yakni menjual ban dan pentil secara terpisah.

pentil ban tubeless

Apakah bahaya ganti ban namun tidak ganti pentil

Kemudian akan timbul pertanyaan mengenai keamanan ban yang tidak diganti pentilnya yang dikarenakan anda sendiri merasa ragu. Untuk penggantian pentil roda memang sebaiknya diganti bilamana anda menemui ciri ciri fisik seperti adanya retak pada flap atau pentil roda, kemudian pada bagian pangkal pentil sudah ada robekan walaupun kecil dan yang terakhir adalah kondisi flap atau pentil roda ini sudah kaku yang dikhawatirkan akan mengeras dan langsung patah dijalan. Selama pentil roda terlihat bagus, kenyal dan elastis tidak diganti pun juga tidak ada masalah.

Baca juga : Apakah aki baru harus di cas saat pertama kali dipasang ?

Kapan sebaiknya pentil roda diganti baru ?

Untuk melakukan penggantian pentil roda dengan yang baru tidak harus menunggu setiap kali ganti ban luar, sebaiknya anda langsung lakukan penggantian flap atau pentil bilamana menemukan salah satu ciri yang telah disebutkan diatas yakni adanya retak pada pentil, pentil sudah tidak elastis lagi dan adanya bagian pangkal flap yang robek walaupun sedikit.

Cara memeriksa pentil yang sudah rusak

Untuk melakukan pemeriksaan sendiri terhadap rusak tidaknya suatu pentil rubeless roda adalah dengan dua cara, yang pertama adalah dengan melakukan pengamatan langsung apakah ada robek ataukah retak, dan yang kedua adalah dengan menggerak - gerakkan pentil tubeless tersebut menggunakan jari anda, bila terasa kaku dan kurang kenyal, apalagi bila ternyata setelah digerakkan / dibengkokkan terlihat suatu retakan sebaiknya diganti saja dengan yang baru.

Harga pentil roda mobil

Untuk harga 1 buah pentil ini sebenarnya sangatlah murah dan anda tidak perlu terlalu memikirkan harga karena keamanan dan keselamatan jauh lebih berharga bukan bila dibandingkan dengan 1 buah pentil yang harganya tidak sampai Rp 20.000 rupiah plus biaya pasang ini ?


Baca juga : Fungsi utama penutup pentil yang bisa anda ketahui

Nah mungkin yang masih ragu dan bingung apakah sebaiknya diganti atau tidak pentil roda ketika melakukan penggantian ban bisa terjawab. Semoga bermanfaat dan monggo dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: