Apakah Aki Baru Perlu Di Cas ?

Advertisement
Apakah Aki Baru Perlu Di Cas ? - banyak sekali orang yang mengira bahwa sebuah aki baru yang barusaja di isikan cairan zur harus terlebih dahulu dilakukan pengecasan atau di carger agar daya yang ada didalam aki tersebut terisi penuh, baru kemudian dipasangkan kedalam mobil dan siap untuk digunakan.

Padahal tanpa dilakukan carger pun aki baru yang baru saja di isi cairan elektrolit ini bisa langsung dipakai tanpa harus repot melakukan pengecasan aki, sebab didalamnya telah terjadi reaksi kimia yang secara otomatis menciptakan tenaga baterai aki tanpa harus di carger.


Setelah aki tersebut dirakit, di isi oleh cairan elektrolit zur aki, maka aki bisa langsung dipasang kedalam mobil dan yang anda perlukan hanyalah menyalakan mobil / menstarter mobil agar menyala. Baru kemudian biarkan mobil milik anda menyala secara idle kurang lebih 15 menit an, atau bisa langsung dipakai perjalanan.

Kenapa aki baru tidak perlu dilakukan pengecasan lagi ?
Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai Fungsi alternator dan komponen alternator yang menjelaskan bahwa alternator ini memiliki fungsi sebagai penyuplai energi listrik untuk kendaraan dan juga sebagai alat mencarger aki mobil. Jadi tanpa di cas menggunakan alat cas aki pun aki baru tersebut otomatis ter carger sendiri oleh alternator kendaraan ini.

Nah sudah jelas sekali bukan bahwa aki yang baru kalian beli tidak perlu dilakukan pengecasan lagi sebab memang sudah ada komponen mobil yang berfungsi sebagai cas yang disebut dengan alternator. Semoga artikel ini bermanfaat. Pernah mengalami mobil mogok akibat kehabisan aki ?

Subscribe to receive free email updates: