Apa Itu Exhaust Brake Pengertian Dan Fungsi Exhaust Brake

Advertisement
Arti exhaust brake dan cara kerjanya - mungkin metode pengereman yang satu ini yakni exhaust brake masih tergolong asing ditelinga orang orang awam, namun istilah ini sangat dikenal oleh mereka yang sehari hari membawa kendaraan berat semacam truk, karena mereka biasanya menggunakan metode pengereman ini ketika berkendara.

Lalu apa dan bagaimana sih exhaust brake itu bekerja ? Untuk mengetahui pengertian dan cara kerja dari sistem pengereman menggunakan exhaust ini, silahkan disimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

exhaust brake

Apa itu exhaust brake ?

Exhaust brake adalah salah satu cara melakukan pengereman yang dilakukan dengan memanfaatkan gas buang yang dimampatkan didalam ruang bakar sehingga tekanan didalam ruang bakar menjadi besar. Besarnya tekanan inilah yang nantinya membuat piston menjadi sedikit tertahan dalam pergerakannya naik turun dan memperlambat putaran mesin. Cara memampatkan gas buang ini adalah dengan cara menutup saluran exhaust atau saluran gas buang, sehingga sisa gas buang tetap berada didalam mesin.

Baca juga : Pengertian dan cara kerja cruise control pada mesin mobil

Cara kerja exhaust brake

Cara kerja dari exhaust brake ini sangat sederhana yakni cukup dengan menekan sebuah tombol atau switch exhaust brake, maka secara otomatis exhaust brake seketika itu akan berfungsi, syarat mutlak agar exhaust brake ini berfungsi adalah kendaraan / truk melaju pada kecepatan tinggi dan pedal kopling maupun pedal gas dalam keadaan tidak diinjak, sebab pada kedua pedal ini biasanya terdapat tombol swicth aktivasi.

Bila salah satu pedal masih diinjak maka exhaust brake tidak akan berfungsi. Dan ketika kita menekan switch exaust brake inilah maka sensor pengatur valve akan menutup saluran gas buang kendaraan, dengan begitu udara sisa pembakaran tidak bisa pergi kemana mana sehingga tertahan didalam ruang mesin, yang selanjutnya akan menahan pergerakan piston.

Cara kerja exhaust brake
Posisi valve exhaust brake, ada dibagian tengah knalpot ataupun tepat dibelakang turbo


Fungsi exhaust brake

Fungsi utama dari exhaust brake ini adalah untuk memperlambat laju kendaraan dengan jalan menurunkan rpm atau putaran mesin dari yang semula tinggi menjadi turun atau merendah. Jadi exhaust brake ini berbeda sekali dengan pedal rem yang bisa digunakan untuk menghentikan laju mobil sampai berhenti, pada pengereman menggunakan exhaust brake ini hanyalah sebatas memperlambat atau menurunkan rpm putaran mesin saja, dan exhaust brake ini pun efektif bekerja di rpm tinggi, semakin menurun rpm mesin maka kinerja dari exhaust brake juga ikut menurun sebab gas buang yang dihasilkan dan dimampatkan didalam mesin juga menurun.

Cara mengoperasikan exhaust brake

Tiap jenis kendaraan memiliki cara pengoperasiannya sendiri sendiri, oleh sebab itu silahkan anda pelajari melalui buku panduan pemilik masing masing mobil. Namun kebanyakan rata rata truk memiliki tuas aktivasi exhaust brake yang berada di sebelah kiri setir kemudi. Caranya cukup menaikkan tuas tersebut ke atas sampai terlihat lampu indikator exhaust brake yang ada di dasboard menyala dan terdengar seperti bunyi angin yang ditutup, cesss cesssss :). Agar exhaust brake ini berfungsi pastikan saat mobil melaju, gigi perseneling dalam keadaan masuk dan kedua pedal gas ataupun kopling tidak di injak.

Cara mengoperasikan exhaust brake
Tuas untuk mengaktifkan exhaust brake, tarik keatas sekali untuk mengaktifkan / nonaktifkan


Baca juga : Cara aman menghentikan mobil dengan engine brake

Selain exhaust brake kita mengenal juga istilah pengereman yang disebut dengan istilah Engine brake, yakni metode pengereman yang memanfaatkan tenaga dari putaran mesin untuk menghentikan laju kendaraan dalam keadaan darurat bila rem mengalami blong. Wah ternyata banyak sekali ya cara mengerem kendaraan yang bisa kita lakukan ternyata. Semoga tulisan diatas dapat memberikan anda manfaat dan silahkan jangan lupa dibagikan.


Subscribe to receive free email updates: