Cara Mengatasi Exhaust Brake Tidak Berfungsi

Advertisement
Exhaust brake tidak fungsi cara mengatasinya - salah satu fitur yang ada pada mobil bermesin diesel, khususnya kendaraan besar sekelas elf, minibus ataupun truk ialah exhaust brake nya yang mampu menurunkan rpm atau putaran mesin yang dapat membantu memperlambat laju kendaraan. Biasanya penggunaan exhaust brake ini diikuti dengan penggunaan Engine Brake ataupun rem kaki, dengan begitu kampas rem pun menjadi lebih awet serta tidak mudah rusak.

Namun demikian tidak selamanya fitur exhaust brake ini bisa berfungsi, ada kalanya sebuah mobil mengalami kegagalan dalam melakukan exhaust brake alias exhaust brake nya tidak bisa digunakan atau dinyalakan padahal sudah melakukan / menerapkan cara yang benar dalam penggunaannya. Nah pada tulisan kali ini kami akan sedikit memberikan penjelasan mengenai tidak berfungsinya exhaust brake dan bagaimana cara memperbaiki exhaust brake yang tidak bekerja.

cara atasi exhaust brake


Penyebab exhaust brake tidak bekerja
Fitur exhaust brake ini dapat bekerja dengan baik bila kalian mengikuti panduan yang ada didalam buku petunjuk pemakaian dengan benar, Bagaimana penggunaan exhaust brake yang benar agar dapat bekerja ? Anda bisa membacanya di artikel kami sebelumnya yang menjelaskan mengenai : Apa itu exhaust brake fungsi dan cara kerja exhaust brake.

Exhaust brake memiliki banyak sensor untuk bisa bekerja, dan biasanya kegagalan yang sering terjadi adalah karena sensor sensor yang bermasalah. Terutama switch sensor yang berada atau terpasang pada pedal kopling maupun pedal gas yang terkadang kendor, berubah posisi dan lain sebagainya akibat penyetelan ketinggian pedal tersebut sehigga switch tersebut tidak tersentuh atau bekerja sebagaimana mestinya.

Cara mengatasi exhaust brake yang tidak bekerja
Untuk memperbaiki kegagalan sistem exaust brake ini anda pun perlu memeriksa beberapa bagian untuk memastikan dimana masalah yang membuat sistem tidak bekerja. Dan dibawah ini adalah beberapa komponen yang seringkali menjadi penyebab kenapa exhaust brake tidak bekerja.

1. Memeriksa tombol switch di bawah pedal gas dan kopling
Yang pertama adalah dengan memeriksa switch sensor yang ada di bagian atas pedal kopling dan gas, jika kurang turun kebawah dan tidak menyentuk plat pedal silahkan di setel terlebih dahulu. Untuk gambar akan kami upload dilain waktu karena kebetulan penulis belum sempat memotret.

2. Memeriksa switch transmisi
Setelah switch yang ada di bagian bawah pedal gas dan kopling disetel dengan benar dan masih belum berfungsi exhaust brake nya, coba periksa juga apakah switch sensor gigi transmisi terputus ataukah tidak, bila putus silahkan diperbaiki terlebih dahulu bila memungkinkan, jika tidak memungkinkan silahkan diganti dengan yang baru.

3. Memeriksa tuas exhaust brake
Bila beberapa sensor yang sudah disebutkan diatas ternyata dalam kondisi bagus / tidak rusak, kemungkinan besar kerusakan ada pada bagian tuas pemicu exhaust brake yang biasanya ada di posisi kiri setir mobil yang mungkin telah mengalami kerusakan. Pemeriksaan pada bagian ini memang sedikit sulit dan diperlukan tenaga ahli untuk melakukannya, maka dari itu anda bisa membawa unit mobil yang mengalami gejala kerusakan exhaust brake tidak bekerja ini ke bengkel mobil.

Memang banyak sekali masalah teknis yang bisa membuat rusak atau tidak bekerjanya exhaust brake mulai dari sensor sensor yang bermasalah hingga komponen dari exhaust brake itu sendiri yang sudah usang dan waktunya rusak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.

Subscribe to receive free email updates: