Cara Aman Melakukan Engine Brake Pada Mobil

Advertisement
Engine brake untuk mengerem mobil - mungkin istilah ini sering kali anda dengarkan namun belum begitu tahu atau paham mengenai bagaimana cara melakukannya bahkan mungkin belum begitu tahu definisi engine brake yang sering dibahas dalam perbincangan seputar otomotif khususnya untuk otomotif roda empat. Mungkin artikel ini sedikit terlambat karena pada kesempatan yang telah lalu kita sudah membahas beberapa tips mengenai cara menghentikan mobil dengan bantuan engine brake maupun mengulas mengenai manfaat yang bisa anda peroleh dalam melakukan engine brake.

Khusus pada edisi kali ini kami akan membagikan tips detail cara melakukan engine brake guna membantu mengerem atau memperlambat laju kendaraan disaat darurat eperti misalnya ketika mobil sedang berjalan melalui jalan turunan, ataupun ketika rem mobil tiba tiba blong, jangan panik dahulu, anda bisa melakukan teknik pengereman ini menggunakan bantuan mesin yang kita kenal dengan istilah ENGINE BRAKE ini.

Cara Aman Melakukan Engine Brake
Sebuah marka jalan yang menganjurkan menggunakan gigi rendah untuk engine brake
Baca juga : Ini manfaat engine brake guna keselamatan berkendara


Tutorial melakukan engine brake pada mobil


Ketika anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, kemudian terjadi rem blong maka yang perlu anda lakukan adalah tenang, kendalikan emosi dan lakukan teknik pengereman mesin atau engine brake ini, caranya pun cukup mudah.

#Engine brake untuk rem blong

Pertama silahkan anda turunkan gigi perseneling secara bertahap dari gigi yang paling tinggi ke paling rendah, ingat lakukan secara bertahap dan jangan langsung seketika, misalnya ketika posisi perseneling mobil berada di gigi 5 maka turunkan ke gigi 4 sampai terasa hentakan mesin yang mengerang yang menandakan engine brake sedang bekerja kemudian biarkan mobil berjalan beberapa meter dan langsung turunkan lagi perseneling dari gigi 4 ke gigi 3 begitu seterusnya sampai ke gigi 1 tanpa menginjak pedal gas. Dalam melakukan teknik engine brake ini anda juga bisa sambil menginjak injak pedal rem siapa tahu dapat membantu walaupun anda tahu saat itu rem mobil mengalami los atau blong.

#Engine brake untuk jalanan menurun

Untuk melakukan teknik engine brake pada jalanan menurun agar rem mobil tidak overheating karena dipakai mengerem terus menerus, anda bisa menggunakan gigi perseneling nomor 2 selama turun dari tanjakan dan lepaskan pedal gas, bila anda mendapati mesin mobil mengerang dan seperti tertahan maka menandakan bahwa engine brake sedang bekerja. Dengan memanfaatkan engine brake pada jalanan menurun ini dapat membuat sistem pengereman khususnya bagian piston rem tidak terjadi overheat dan akhirnya blong tadi.

#Bagaimana melakukan engine brake pada mobil matic ?

Pada prinsipnya cara melakukan engine brake adalah sama yaitu menurunkan gigi perseneling secara bertahap, untuk mobil matic yang tidak memiliki menu pilihan over drive, anda bisa menurunkan gigi perseneling dari posisi D menuju ke posisi 3, kemudian ke posisi 2 hingga yang paling rendah adalah posisi L. Beberapa mobil matic terkadang dilengkapi oleh teknologi yang bisa melakukan engine brake otomatis disaat mobil melalui jalanan turunan.

Baca juga : Inilah kelebihan mobil manual VS matic yang perlu anda tahu

Nah begitulah tadi tips bagaimana cara melakukan engine brake yang benar dan aman. Pastikan anda memperhatikan beberapa hal dibawah ini saat melakukan engine brake agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.


  • Selama melakukan engine brake jangan menginjak pedal gas, percuma dong kalo niatnya mau menghentikan mobil tapi tetap di gas :).
  • Turunkan gigi perseneling ke posisi paling rendah secara bertahap, bila dilakukan secara langsung misalnya dari gigi 4 ke gigi 1 ada dua hal yang dikuatirkan, pertama gigi perseneling bisa rompal atau hancur, dan yang kedua mobil bisa terbalik karena mengalami hentakan yang cukup keras dan tiba tiba.
  • Selama melakukan engine brake cobalah menginjak injak pedal rem siapa tahu rem mobil sedikit berfungsi dan membantu mempercepat proses pengereman.

Anda bisa mencari tulisan ini dengan pencarian seperti dibawah ini :

  • Teknik aman melakukan engine brake
  • Bagaimana cara melakukan engine brake
  • Tips mengerem dengan engine brake
  • Tutorial cara melakukan engine brake yang aman

Subscribe to receive free email updates: