Mobil Sering Ke Pantai ? Waspada Karat Menyerang

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - memang salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyegarkan fikiran yang penuh rasa penat adalah dengan melakukan perjalanan wisata, dan dari beberapa destinasi wisata yang seringkali digunakan oleh mereka yang galau ialah berwisata ke pantai untuk menikmati pemandangan yang ada disana. Termasuk kesempatan untuk berjemur dibawah terik matahari bagi mereka yang menginginkan warna kulit yang lebih gelap.

Dan khusus bagi anda para pengguna kendaraan yang mungkin sering berwisata ke pantai yang bukan dijadikan lokasi wisata alias pantai yang masih benar benar belum terjamah oleh manusia, seringkali membawa mobilnya untuk masuk ke kawasan pantai untuk dijadikan backgroud dalam berselfie ria. Nah bagi kalian yang sering ke tepi pantai dengan membawa mobil pribadi sebaiknya anda perhatikan masalah perawatannya, khususnya adalah untuk sesegera mungkin mencuci mobil setelah terkena air laut agar tidak karatan.



Baca juga : Begini akibat jika tali kipas kendor dan dibiarkan saja

Kenapa demikian ? Karena baik air maupun pasir yang ada dipantai mengandung garam sehingga sangat tidak baik bagi komponen kendaraan yang terbuat dari besi / baja karena bila sampai terkena air atau pasir dipantai dan tidak segera dicuci dapat menimbulkan karatan khususnya pada bagian kaki kaki mobil. Dan karena berkaratnya komponen kaki kaki atau understeel pada mobil bisa memicu masalah yang lain seperti contohnya adalah macetnya piston kaliper rem, kerusakan korosi akibat lapuk dimakan karat, timbulnya masalah bunyi bunyi pads mobil ketika dikendarai.

Memang pada beberapa kendaraan yang telah dilapisi anti karat bisa sedikit lega karena seluruh komponen kaki kaki mobil dilapisi oleh lapisan anti karat, namun hal ini bukan berarti mobil akan terbebas dari karat ketika terkena air ataupun pasir pantai. Air garam tersebut bisa mengendap lebih lama pada permukaan lapisan anti karat, dan pada akhirnya akan mengalir ke bagian dimana terdapat komponen yang tidak terlapisi dengan sempurna, karat pun akan menggerogoti besi dari dalam dan semua lapisan anti karat akan terkelupas.

karat akibat ke pantai
Baca juga : Begini cara pencuri pecah kaca mobil tanpa suara

Nah untuk itu jika kalian pernah atau saat ini berniat membawa serts mobil menuju tepi pantai, sesegera mungkin lakukan pencucian terutama di bagian kolong mobil agar tidak terjadi karatan. Semoga bermanfaat :)


Subscribe to receive free email updates: