Menyikapi Recall Motor Yang Kerap Terjadi Di Indonesia

Advertisement
Recall kendaraan bermotor - saat ini santer terdengar dan sedang berjalan proses recall kendaraan bermotor khususnya kendaraan sport roda dua maupun mobil dari sang produsennya. melihat banyaknya unit yang direcall ini membuat para pengguna serta fanboy 2 produsen ternama roda dua yakni Ya**** dan Ho*** beradu debat dan saling melempar ejek mengenai produk sang rival yang jelek dan gagal produk. Memang sih Fanboy ini jika dilihat melalui komentar mereka sedikit menjengkelkan :), dan memang begitulah keadaannya sob :).

Tapi tahukah anda sebenarnya recall ini memiliki tujuan yang sangat baik sekali, yaitu memberikan salah satu pelayanan oleh pabrikan kepada konsumen untuk melakukan penggantian secara gratis beberapa part yang diketahui cacat dan membahayakan bagi mereka. Atau dengan kata lain perusahaan / pabrikan kendaraan bermotor ini sangat mempedulikan kualitas produk mereka bukan ?

recall Yamaha R25
proses recall Yamaha YZF R25


#Definisi Produk recall

Produk recall adalah suatu proses yang dilakukan oleh produsen / pabrikan untuk mengambil part yang terindikasikan cacat dari tangan konsumen dimana komponen yang cacat ini dapat membahayakan para konsumen jika tetap dipaksakan memakainya. Biasanya ketika suatu produk kendaraan bermotor terkena racall, pabrikan atau manufaktur akan memberikan surat pengumuman publik mengenai adanya masalah keamanan pada produk yang mereka buat / ciptakan dan sebaiknya segera dilakukan penggantian dengan part atau komponen yang lebih aman. Dan recall ini ialah suatu bentuk tanggung jawab dari pihak manufaktur / perusahaan / pabrikan terhadap semua produk yang mereka buat dan mereka pasarkan.

Ingat bahwa pengujian suatu produk tidak saja dilakukan di lingkungan pabrik sebelum produk tersebut dibuat dan dijual, akan tetapi mereka ( manufaktur ) juga melakukan monitoring ( pemantauan ) terhadap suatu produk yang telah mereka jual dan digunakan oleh para konsumen. Biasanya mereka mendapatkan masukan serta keluhan dari beberapa konsumen kemudian menganalisanya. Dan biasanya keluhan semacam ini tidak hanya ditindak lanjuti ala kadarnya, namun mereka juga akan melakukan penelusuran penyebab kenapa hal itu ( keluhan ) bisa terjadi.

Nah dengan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya recall ini para konsumen tidak akan menjadi korban akibat kesalahan manufaktur dan tidak menderita kerugian yang jauh lebih besar dikemudian hari.

Baca juga : Berikut alasan kenapa mesin mobil atau motor perlu dipanasi


Keuntungan Dan Kerugian Recall Bagi Konsumen Dan Produsen


#1. Recall Produk Bagi konsumen 

keuntungan recall :


  • Konsumen akan dijamin keamanan serta kualitas dari produk yang mereka pakai / beli serta mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh produk yang cacat dilain waktu.


kerugian recall :


  • Pihak konsumen atau pembeli tentu saja akan rugi jika tidak tahu bahwa produk yang mereka gunakan tersebut telah direcall. Atau dengan kata lain, produk yang direcall ini lebih memberikan keuntungan kepada konsumen.



#2. Recall produk bagi perusahaan


keuntungan recall :


  • Dengan melakukan recall ini maka dapat meningkatkan citra yang bagi bagi pihak manufaktur oleh para konsumennya karena mereka adalah manufaktur yang bertanggung jawab. Walaupun terkadang sebagian konsumen memiliki anggapan yang sebaliknya.
  • Membuat tingkat kepercayaan para konsumen menjadi lebih meningkat karena mereka membeli produk dari perusahaan yang sangat bertanggung jawab.


kerugian recall :


  • Kerugian dari proses recall ini bagi pihak manufaktur adalah timbulnya kerugian material dan tenaga serta sumberdaya yang sangat besar dikarenakan mereka harus melakukan penggantian komponen / part dengan jumlah yang sangat banyak tergantung seberapa banyak produk yang direcall ( termasuk pemberian kompensasi bila ada ).
  • Menurunnya tingkat kepercayaan kepada manufaktur dilantai bursa saham yang biasanya akan berdampak pada menurunnya pergerakan harga saham mereka.
  • Biasanya jika suatu manufaktur mengadakan recall produk, mereka harus siap dijatuhkan oleh manufaktur rival dengan anggapan mereka hanya menjual barang cacat.



Memang tidak semua produk kendaraan yang telah dibuat dan dipasarkan ini 100% sempurna, selalu ada kesalahan kesalahan yang mengakibatkan beberapa komponen yang ada didalam kendaraan bermotor tersebut " cacat " semenjak produksi sehingga mudah rusak dan dapat berakibat fatal jika tidak segera dilakukan penggantian. Dan melakukan recall ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, bayangkan mereka mau mengeluarkan banyak sekali dana hanya untuk memberikan pelayanan  terbaik agar kualitas produk mereka terlihat baik dimata konsumennya.

Coba bayangkan saja jika suatu produsen kendaraan bermotor mengetahui tentang adanya kecacatan dari produk mereka dan mereka hanya diam membiarkan masalah tersebut tanpa adanya tindakan recall, tentu konsumen lah yang dirugikan :).

Baca juga : Waspada ! Ketahui asal muasal motor murah non BPKB

Jadi jika anda adalah salah satu pemilik motor yang terkena recall seperti contohnya Yamaha YZF R25 yang saat ini masih dalam proses recall, sebaiknya anda tidak mengabaikan hal dan sesegera mungkin memenuhi undangan recall yang telah diberikan kepada anda. Semoga tulisan amburadul diatas dapat memberikan pencerahan bagi kalian kalian mengenai masalah recall sepeda motor ataupun mobil.


Subscribe to receive free email updates: