Ini Penjelasan Sebaiknya Mesin Dipanasi Sebelum Dipakai

Advertisement
Pengetahuan mesin - seringkali kita melihat orang atau pemilik kendaraan baik itu mobil ataupun motor memanasi mesin mereka terlebih dahulu sebelum digunakan, biasanya dilakukan di pagi hari ataupun ketika hendak dipakai menempuh perjalanan jauh. Lalu apa sebenarnya fungsi dari memanasi mesin mobil tersebut sebelum digunakan ?

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai kenapa mesin harus dipanasi sebelum dipakai, coba perhatikan seseorang atlet entah itu sepak bola, maraton, estafet harus melakukan pemanasan kecil sebelum mereka benar benar beraksi dilapangan ? Begitulah sebenarnya fungsi dari proses memanasi mesin mobil / motor.
fungsi memanasi mesin
Gambar hanya ilustrasi
Agar mesin kendaraan dapat maksimal kinerjanya makanya perlu dilakukan pemanasan terlebih dahulu, itupun dilakukan dengan waktu yang singkat kurang lebih selama 5 menit an sudah cukup. Jangan berlebihan misalnya sampai 30 menit an karena hal ini akan membuang buang bahan bakar serta menambah polusi udara disekitar rumah anda bukan ?



Baca juga : Ini peralatan wajib untuk usaha cuci mobil motor

Kenapa Mesin Harus Dipanasi

Pada umunya mesin dapat bekerja secara maksimal ketika mesin sudah mencapai suhu kerja kurang lebih antara 80 sampai 95 derajat celcius. Dengan suhu mesin yang optimal ini membuat power kendaraan menjadi lebih bertenaga dibandingkan mesin yang tidak dipanasi terlebih dahulu.

Mesin yang dipanasi terlebih dahulu membuat sistem pelumasan terutama oli menjadi lebih encer, encernya oli pelumas ini membuat semua komponen didalam mesin menjadi lebih bebas bergerak, yang artinya untuk menggerakkan kesemua komponen tadi tidak diperlukan tenaga yang besar sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit.

Cara memanasi mesin yang benar

Untuk tiap jenis kendaraan cara memanasinya juga berbeda - beda tergantung settingan dari mobil / motor serta cara penggunaannya. Misalnya kendaraan yang dipakai untuk harian, proses memanasinya cukup 1 hingga 5 menit sebelum digunakan dalam keadaan idle tanpa di gas atau digeber karena memang ditujukan agar penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Untuk kendaraan yang di setting dan akan digunakan untuk ajang balapan, cara memanasinya pun berbeda, biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama serta perlu digeber gaspol ( karena nanti memang begitu makainya ). Bahkan untuk jenis kendaraan balap proses pemanasan tidak hanya di tempat saja, melainkan dilakukan dengan menjalankan mobil atau motor memutari lintasan yang disebut dengan warm ride.

Apakah hal ini berlaku untuk mesin model baru seperti mesin injeksi?

Baik injeksi ataupun non injeksi sebaiknya dilakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum dipakai. Teknologi injeksi ini ditujukan untuk mengatur suplai bahan bakar saja, bukan untuk mengatur suhu mesin. Jadi jawabannya adalah perlu dipanaskan dalam waktu yang sewajarnya, singkat sampai indikator suhu menunjukkan mesin siap untuk dipakai.

Baca juga : Cara hemat BBM mobil yang dipakai perjalanan jauh

Nah apakah anda sudah paham kenapa baik mesin mobil ataupun motor perlu dilakukan pemanasan sebelum dipakai ? Hal ini tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk membuat mesin mesin tersebut bekerja maksimal, gesit ketika di pacu serta menghemat konsumsi bahan bakar.


Subscribe to receive free email updates: