Cara Hilangkan Suara Kresek Kresek Ketika Setir Diputar

Advertisement
Cara atasi setir bunyi kresek kresek - suara berisik seperti kresek kresek didalam setir mobil ketika diputar memang terlihat sepele namun sangat mengganggu sekali khususnya bagi si pengemudi mobil. Suara berisik seperti logam yang bergesekan didalam setir ini juga dapat mempengaruhi konsentrasi mengemudi bila si driver nya sensitif terhadap suara yang seperti itu.

Namun apasih sebenarnya yang bisa membuat suara kresek kresek didalam setir ketika diputar tadi ? Ternyata suara tersebut adalah bunyi gesekan dari komponen switch horn / klakson mobil. Didalam setir mobil terdapat dua buah switch horn yakni plat kuningan berbentuk ring ( lingkaran ) serta satu lagi batang tembaga yang berbentuk pen. Kedua komponen ini berfungsi sebagai penyalur arus listrik yang digunakan untuk membunyikan klason mobil. Dan bila batang tembaga tadi sudah aus dan bentuk ujungnya tidak lagi tumpul, maka terjadilah suara gesekan yang sangat mengganggu khususnya ketika setir dipakai belok. https://automotivexist.blogspot.com

Cara perbaiki setir mobil bunyi

Nah untuk mengatasi hal itu caranya sangatlah mudah sekali. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuka setir mobil dan menggosok bagian ujung batang tembaga yang sudah aus menggunakan amplas ukuran sedang, bisa dengan ukuran 500 atau 1000 sampai ujung batang tembaga tadi tumpul pada bagian pinggir pinggirnya. Terakhir adalah dengan memberikan gel pelumas / grease / gemuk pada bagian plat tembaga yang berbentuk ring tadi.

Setelah selesai silahkan setir mobil dipasang kembali dan cobalah untuk memutar mutar setir mobil, apakah masih ada suara kresek kresek ataukah tidak. Bila masih ada kemungkinan anda kurang tumpul dalam menggosokknya. Silahkan ulangi langkah diatas sampai suara benar benar hilang.

servis setir mobil
Gosok bagian kuningan dengn amplas halus
overhaul setir mobil
Gosok ujung pen kuningan dengan apmlas halus



Baca juga : Cara perbaiki jendela mobil yang turun setengah sendiri

Untuk cara membuka setir mobil tentu saja tiap merk dan type kendaraan berbeda beda, namun pada dasarnya tiap setir kendaraan non airbag memiliki sekrup pengunci dibagian belakang bawah setir kemudi, ada juga beberapa mobil yang tidak menggunakan sekrup pengunci dan cukup menarik penutup setir saja seperti kendaraan panther, truk dan bus.

Untuk kendaraan yang telah dilengkapi dengan menggunakan SRS airbag memiliki sekrup pengunci antara 2 sampai 3 buah yang berada di bagian samping kiri, samping kanan dan belakang bawah yang biasanya bisa dibuka menggunakan " kunci L bintang ". Selain sekrup pengunci, didalam setir juga terdapat mur pengunci yang biasanya berukuran 17, 19, dan 22, anda dapat melepasnya dengan menggunakan kunci flexible handle + kunci shock yang sesuai dengan ukurannya. Jangan lupa melepas konektor massa dari klakson mobil dan memasangnya kembali setelah selesai perbaikan.

Oh iya sebelum melakukan pencopotan setir sebaiknya diposisikan lurus dan ditandai, hal ini bertujuan agar ketika setir dipasang kembali posisinya tidak miring. Khusus untuk dibagian setir terdapat tombol kontrol seperti volume audio dan lain lain sebaikny lakukan dengan hati hati ketika mencopot setir terutama untuk kabel spiral yang ada didalamnya sangat rawan sekali putus bila salah memasang kembali setir.

Khusus untuk setir mobil yang dilengkapi oleh SRS airbag anda harus lebih berhati hati lagi dalam mencopotnya, sebab bila anda ceroboh kantung airbag dapat meledak dan mencederai anda. Cara melepasnya pun berbeda dengan setir non airbag, pada setir airbag ini kalian harus melepas kutub negatif aki dan menunggu beberapa menit untuk memastikan pasokan listrik ke komponen airbag terputus sehingga kemungkinan airbag meledak adalah NoL. Bila kalian ragu silahkan bawa mobil kesayangan ke bengkel maindealer terdekat di daerah anda. Untuk cara lengkap melepas setir yang ada airbag nya silahkan baca tulisan kami lainnya di : Cara melepas setir yang menggunakan airbag.

Nah bagaimana apakah anda sudah paham dan mengerti penyebab suara kresek kresek didalam setir mobil dan cara memperbaikinya ? Semoga bermanfaat.

Baca juga : Manfaat panasi mesin mobil, mulai hemat BBM sampai tarikan mesin yang powerfull

Anda bisa mencari artikel diatas dengan pencarian serupa dibawah ini
Cara hilangkan suara kresek kresek di stir mobil
Cara hilangkan suara kresek kresek di setir mobil
Cara hilangkan bunyi kresek kresek di steer mobil
Penyebab setir mobil bunyi ketika dibelokkan
Cara atasi setir bunyi ketika belok


Subscribe to receive free email updates: