Mengenal Prosedur Pembubutan Dan Penggantian Cakram Rem Mobil

Advertisement
Prosedur penggantian dan pembubutan cakram rem - pernahkah anda ditawari pembubutan ulang cakram rem depan mobil yang biasanya dikenal dengan istilah remaching ketika kalian melakukan servis rutin / berkala di salah satu bengkel resmi kepercayaan anda ? Kemudian anda bingung untuk memutuskan apakah akan melakukan tindakan pembubutan ataukah tidak ?

Sebenarnya proses membubut kembali cakram rem depan mobi atau disc brake bukanlah suatu kewajiban yang harus kalian lakukan ketika ditawari, sebab remaching atau pembubutan ulang semacam itu hanyalah suatu suplemen yang pengerjaannya tidak dicantumkan didalam buku panduan servis. maka dari itu ketika anda ditawari untuk melakukan pembubutan / remaching ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu prosedurnya agar kalian nanti tidak akan keluar uang secara sia sia.

Baca juga : Apakah boleh mencuci mesin mobil ? Berikut penjelasannya

remaching disc brake


#Pengertian remaching / bubut cakram instan

Remaching adalah suatu pengerjaan pembubutan pada komponen disc brake atau cakram rem mobil baik bagian depan maupun belakang menggunakan sebuah alat khusus sehingga prosesnya tidak terlalu memakan waktu lama bila dibandingkan dengan cara biasa dimana harus melepas komponen disc brake. Dengan menggunakan sebuah alat remaching ini proses pembubutan bisa dikerjakan langsung, cukup mendongkrak mobil, membuka ban dan mesin bubut langsung ditancapkan dan mulai bekerja.

Manfaat melakukan remaching cakram rem

  1. Dapat memperhalus permukaan cakram rem, dengan halusnya permukaan rem ini akan membuat tingkat pengikisan kampas rem bisa diminimalisir sehingga lebih awet kampas rem nya.
  2. Bisa menghilangkan keolengan kecil pada bagian cakram rem, cakram rem yang putarannya oleng dapat berdampak pada bergetarnya pedal rem ketika dilakukan pengereman.
  3. Lebih menghemat ongkos bila dibandingkan mengganti cakram rem baru, harga cakram baru biasanya per paket kiri dan kanan bervariasi tergantung jenis mobil, ada yang 600 ribu hingga jutaan rupiah. Sedangkan pengerjaan remaching ini cukup dengan membayar 300 ribu untuk membubut dua buah cakram rem mobil bagian kiri dan kanan.

Prosedur Pembubutan disc brake / cakram rem

Sebelum dilakukan pembubutan ulang ini terlebih dahulu disc brake harus dilakukan pengecekan baik secara visual maupun teknikal.

A. Pengecekan secara visual

Adalah dengan cara melihat langsung menggunakan mata, apakah cakram tersebut terdapat cacat ataukah tidak, bila ada cacat misalnya tergerus bagian tengahnya pun harus dianalisa seberapa dalam serta mampu untuk dibubut ulang atau sebaiknya diganti baru.

B. Pengecekan secara teknikal

Adalah dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan dial gauge, alat ini akan ditempel pada bagian datar disekitar cakram, kemudian pada ujung pen pendial ditempelkan pada bagian tepi cakram kemudian diputar. Fungsinya adalah untuk mengetahui apakah piringan rem tersebut oleng ataukah tidak, seberapa besar keolengannya dan cocok dilakukan pembubutan ulang ataukah sebaiknya digantikan dengan yang baru.

Baca juga : Manfaat menggunakan angin nitrogen pada ban mobil dan motor

Nah itulah tadi prosedur yang harus anda ketahui terlebih dahulu jika ditawari pengerjaan remaching atau pembubutan ulang piringan rem tersebut. Jangan asal iya bila kalian tidak tahu apa fungsi dan manfaatnya suatu tawaran pengerjaan baik baik kantong anda maupun kenyamanan berkendara kalian. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share :).



Subscribe to receive free email updates: