Hati Hati Ketika Menambah Minyak Rem Jangan Sampai Tumpah kena Cat Mobil

Advertisement
Perawatan komponen rem - salah satu hal yang harus diperhatikan didalam area ruang mesin mobil adalah mengecek tinggi rendahnya fluida atau cairan minyak rem yang ada didalam tabung reservoir, bila ketinggiannya sudah menurun dan hampir mencapai batas bawah sebaiknya sesegera mungkin dilakukan penambahan minyak untuk menghindari terjadinya rem masuk angin sehingga tidak terjadi rem blong.

Turunnya fluida minyak rem ini bisa terjadi akibat dua hal, yang pertama adalah karena semakin menipisnya kampas rem sehingga membuat piston rem lebih menonjol keluar dan menghisap lebih banyak fluida pada tabung reservoir. Dan yang kedua adalah karena adanya kebocoran pada sistem pengereman itu sendiri.

isi minyak rem


Nah langkah pertama yang harus anda lakukan ketika mengetahui bahwa fluida minyak rem sudah menurun sampai batasnya ialah dengan melakukan penambahan fluida tersebut, barulah membawa unit kendaraan tersebut ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Namun yang perlu kalian ingat ketika menambah fluida minyak rem adalah jangan sampai fluida tersebut sampai tumpah mengenai cat mobil, baik cat yang ada di body mobil bagian luar maupun cat yang ada didalam kabin / ruang mesin.


#Sifat minyak rem terhadap cat dan karat

Bila minyak rem sampai terkena lapisan cat, maka dalam beberapa menit akan menimbulkan reaksi kimia yang bisa merontokkan atau mengelupaskan cat mobil karena minyak rem ini sifatnya sangat korosif terhadap karat dan juga cat. Terkadang karena sifat minyak rem yang sangat korosif terhadap karat, seringkali minyak rem ini digunakan untuk merendam baut / mur yang berkarat dan rawan macet, serta digunakan melumasi mur / baut yang berkarat sebelum dibuka agar tidak patah.

Lalu bagaimana jika minyak rem terlanjut tumpah mengenai cat mobil ?

Memang tidak semua orang mampu menjaga kestabilan tangannya saat mengisi atau menambah cairan fluida rem ini sehingga cairannya tumpah kemana mana. Dan jika benar kalian melakukan kesalahan ini segeralah siram cat yang terkena tetesan minyak rem ini menggunakan air mengalir dan menggosoknya dengan kain bersih agar minyak rem tersebut hilang. Kenapa harus menggunakan air ? sebab minyak rem ini tergolong minyak yang bisa larut dengan air sehingga cara mengatasinya adalah dengan menyiram air pada bagian cat yang terkena minyak rem.

Baca juga : Cara mengajukan klaim kendaraan yang hilang

Nah sampai disini kalian sudah paham bukan mengenai bahayanya jika sampai minyak rem tersebut tumpah terkena cat dan dibiarkan begitu saja ? Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share :).


Subscribe to receive free email updates: