Penyebab Mobil Belok Kekiri Atau Kekanan Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - seringkali para pemilik mobil dibuat jengkel dengan kendaraan yang dikemudikannya, pasalnya ketika setir di lepas sebentar saja langsung belok sendiri baik itu kekiri ataupun kekanan. Tentunya ini tidak mengenakkan mengingat bahaya yang timbul akibat dari hal ini seperti misalnya mobil langsung keluar jalur dan terjadi kecelakaan.

Ada beberapa faktor yang membuat kenapa setir mobil belok sendiri ketika dilepas yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

spooring balancing mobil
Proses spooring mobil untuk menselaraskan geometri / sudut kemiringan roda

#1. Rem depan mobil macet

Salah satu penyebab kenapa mobil menjadi belok sendiri ketika setir dilepas yang pertama adalah karena adanya salah satu rem bagian depan mobil mengalami kemacetan. Karena adanya salah satu rem yang macet ini mengakibatkan putaran antara kedua roda menjadi berbeda. Biasanya mobil akan membelok atau narik ke arah yang rem nya mengalami kemacetan, misal jika rem sebelah depan bagian kanan macet, maka mobil akan narik ke kanan begitu pun sebaliknya.

Cara mengetahui apakah memang ada rem yang macet kalian bisa mendongkrak roda bagian depan mobil, kemudian memutarnya dengan tangan. Jika dirasa berat apalagi tidak terputar sama sekali sudah pasti rem tersebut macet dan sebaiknya dilakukan Over Haul rem.

Baca juga : Kendaraan anda hilang, begini cara klaim asuransi kehilangan kendaraan yang hilang

#2. Adanya ban yang benjol

Ternyata ban yang dalam kondisi tidak bulat sempurna alias ada benjolannya juga bisa menyebabkan mobil narik ke salah satu sisi. Hal ini dikarenakan pada bagian yang benjol tadi bila menyentuh aspal, maka seolah olah mendorong atau menghentak sehingga bodi mobil terasa seperti didorong dorong kesamping. Untuk melakukan pengecekan caranya adalah dengan mendongkrak bagian depan mobil sampai ban terangkat, kemudian memutar ban tersebut serta perhatikan apakah ada yang benjol ataukah tidak dan segera lakukan penggantian ban dengan yang bagus ( tidak benjol ).

#3. Sudut geometri mobil berubah ( spooring )

Ketika kendaraan dikendarai dalam waktu tertentu, ada beberapa bagian baut penyetel sudut sudut kemiringan roda bergeser akibat getaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu. Bergesernya sudut sudut geometri roda inilah yang membuat mobil menjadi belok sendiri atau narik. Untuk mengatasi hal ini mobil dianjurkan untuk dilakukan spooring baik di bengkel resmi maupun di bengkel spesialis spooring.

Untuk alasan lain seperti tekanan angin yang tidak sama antara ban bagian kiri dengan ban bagian kanan kemungkinan pengaruhnya sangatlah kecil namun kalian juga tetap harus memberikan perhatian khusus terhadap tekanan ban mobil anda.

Baca juga : Inilah faktor penyebab mobil jadi boros BBM

Nah itulah tadi beberapa hal yang menyebankan mobil belok kekiri sendiri atau mobil belok kekanan sendiri ketika setir dilepas. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: