Tips Promosi Agar Usaha Cuci Motor Ramai

Advertisement

Tips sukses usaha cuci motor - memang bisnis jasa cuci motor saat ini sangatlah menjanjikan mengingat modal yang diperlukan tergolong minim namun pangsa pasarnya sangatlah luas sekali seiring dengan semakin bertumbuhnya pasar otomotif khususnya kendaraan roda dua di indonesia ini. Namun demikian tidak semua para pengusaha cuci motor ini mampu memaksimalkan potensi usaha cuci motor yang mereka jalankan.

Tak jarang pula usaha mereka jauh dari ekspektasi yang dulu mereka bayangkan, sepi dan jarang ada pelanggan yang mencucikan motor di tempat mereka dikarenakan sebagian besar pelaku usaha berskala kecil ini tidak memperhatikan aspek berpromosi sebagai penunjang kesuksesan bisnis. Karena sebagus apapun kualitas pekerjaan anda tanpa adanya promosi, usaha kalian tidak dapat diketahui oleh khalayak umum bukan ?. Nah pada edisi kali ini kami akan memberikan beberapa tips berpromosi agar usaha cuci motor kalian bisa sukses.

tips promosi usaha cuci motor


Tips Ampuh Promosi Usaha Cuci Motor


1. Membuat spanduk promo yang mencolok, menarik dan jelas

Dalam mendesain sebuah spanduk untuk promosi memang dituntut untuk menampilkan warna yang mencolok dan menarik sehingga mengundang perhatian calon pelanggan baru. Dan juga kata "jelas" yang dimaksud diatas adalah sebuah kejelasan isi dari promosi yang sedang kalian tawarkan, misalnya saja promo cuci motor hanya Rp. 6000 sudah termasuk semir ban dan pemberian KIT pengkilap body. Dengan desain spanduk yang mencolok dan menarik, serta promosi yang kalian tawarkan sangat jelas dan bisa dimengerti oleh calon pelanggan tentu hal ini akan lebih memantapkan mereka untuk segera mencucikan motornya di tempat anda.

Buatlah setidaknya 3 buah spanduk yang masing masing dipasang 1 spanduk di lokasi tempat cucian, dan 2 spanduk lainnya masing masing dipasang di tepi jalan dilokasi yang berlawanan, dengan jarak plus minus 100 meter dari lokasi usaha yang nantinya berguna sebagai penunjuk arah.

Baca juga : Bagus aki kering atau aki basah ? Baca selengkapnya disini

2. Memasang iklan di radio setempat / koran lokal

Langkah kedua adalah dengan mengiklankan atau mempromosikan usaha kalian di media cetak ataupun elektronik lokal didaerah anda mengingat media seperti radio atau koran lokal masih dijadikan media informasi yang banyak dibutuhkan terutama di daerah pedesaan. Memang nantinya kalian harus sedikit merogoh kocek sebab beriklan dimedia cetak seperti koran ataupun radio membutuhkan biaya yang bisa dikatakan lumayan.

Namun dengan cara inilah usaha kalian akan banyak dikenal dan tentu saja akan menjadikan bisnis kalian lebih ramai. Ingat semboyan " jer basuki mowo beyo " nya kota surabaya ? Segala sesuatu itu membutuhkan yang namanya biaya, termasuk dalam hal berpromosi bukan :).

3. Memberikan diskon cuci di jam tertentu

Mungkin trik yang satu ini masih jarang digunakan oleh pengusaha cuci motor, namun jangan salah lo, trik memberikan harga diskon di jam jam tertentu ini juga bisa memberikan dampak yang besar untuk kemajuan usaha anda. Sebagai contoh, kalian akan memberikan diskon sebesar 30% sampai 50% misalnya untuk para pelanggan yang mau mencucikan motornya dibawah jam 9 pagi. Bagi calon pelanggan, siapa sih yang tidak mau dikasih diskon sebesar itu ?

Pastinya nanti akan banyak orang yang berbondong bondong antri untuk mencucikan motor mereka di tempat usaha anda bukan ?. Belum lagi hal ini akan berefek kepada pemilik motor lain yang kebetulan lewat dan melihat betapa ramainya usaha cuci motor kalian, padahal hari masih pagi. Hal ini akan memicu penasaran mereka dan mungkin mereka akan mencoba mencucikan kendaraan kesayangannya di tempat kalian.

4. Memberikan kupon cuci motor gratis

Biasanya trik ini banyak sekali digunakan oleh para pengusaha cuci motor yaitu memberikan kupon cuci motor gratis kepada pelanggan, yang bisa dikumpulkan dengan jumlah yang telah anda tentukan yang nantinya kupon yang telah terkumpul bisa diklaimkan pelanggan untuk mendapatkan jasa cuci motor gratis. Dan cara ini tidak ada salahnya untuk kalian terapkan, fungsi dari trik ini adalah agar pelanggan selalu mencucikan motor mereka di tempat kalian dengan harapan mendapatkan cuci gratis tadi :).

5. Memberikan kupon undian berhadiah

Kalau cara yang satu ini juga biss kalian terapkan yakni memberikan kupon undian berhadiah kepada para pelanggan yang telah mencucikan kendaraan mereka di tempat cuci motor anda, yang nantinya akan diundi setiap 4 atau 6 bulan sekali dengan hadiah yang menarik tentunya seperti TV, kipas angin, setrika listrik, magic jar, radio, HP / gadget dan lain sebagainya yang jelas nilai hadiahnya rasional dengan pendapatan kalian.

Dengan cara ini tentu saja akan membuat orang lebih memilik mencucikan motor kesayangannya di tempat kalian itung itung dapat hadiah. Untuk anggaran hadiah bisa kalian ambil dari keuntungan yang kalian peroleh atau bisa juga meminta sponsor dari instansi atau perusahaan dealer otomotif di daerah kalian dengan menggunakan proposal permintaan dana bantuan.

Untuk kupon nya sendiri bisa kalian berikan dalam bentuk penukaran kupon lain seperti kupon cuci gratis tadi. Misalnya saja, pelanggan harus menukarkan 10 kupon cuci gratis mereka guna mendapatkan 1 kupon undian berhadiah, atau dengan cara lain yang kalian anggap menguntungkan :).

Baca juga : Daftar harga mesin steam cuci motor

6. Menerapkan sistem MLM

Nah sistem MLM pun juga bisa diaplikasikan didalam bisnis ini untuk sarana berpromosi loh. Caranya adalah bagi siapa saja yang mampu mengajak 5 orang teman untuk mencucikan kendaraan masing masing dari mereka di tempat anda, akan ada insentif baik berupa cuci gratis 2 kali atau mendapatkan bonus uang sebesar 10 - 15 ribu. Lumayan kan sama sama diuntungkan, anda mendapatkan pelanggan sedangkan mereka juga memperoleh duit tambahan. Untuk jumlah yang dibawa tidak harus sekali datang 5 orang, namun bisa satu atau dua orang saja dan nantinya bila sudah genap 5 orang barulah bonus diberikan. Kalian bisa membuatkan kartu stempel untuk mengumpulkan poin nya.

7. Membuat kartu membership berdiskon

Memang terkesan memaksakan untuk ukuran usaha kecil sebab biasanya kartu membership ini banyak diaplikasikan oleh pelaku usaha yang berskala besar seperti perusahaan carwash ataupun indomaret ya, namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk bisnis cuci motor berskala kecil juga membuat sebuah kartu membership kepada para pelanggan setia yang akan membuat mereka selalu rajin mencucikan kendaraan mereka di tempat cucian kalian, terlebih lagi setiap kali mereka mencuci kendaraannya selalu memperoleh diskon :).

Dengan cara berpromosi yang baik tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pelanggan yang akan memajukan bisnis anda, dan tidak menutup kemungkinan juga dengan ramainya usaha cuci motor yang kalian jalankan ini kalian bisa menggunakan kesempatan emas alias aji mumpung untuk membuka bisnis lain selain usaha cuci motor seperti contohnya dibawah ini :

  • Membuka mini kafe
  • Membuka jasa ganti oli + tune Up
  • Menambah jasa cuci mobil juga
  • Menjual aksesoris motor + safery kit
  • Membuka usaha jual beli motor bekas
  • Menjual suku cadang / part motor
  • Dan lain sebagainya

tips bisnis cuci motor


Pastikan selain memberikan promosi yang menarik, jangan melupakan yang namanya kualitas pekerjaan serta pelayanan yang memuaskan, sebab ketiga hal ini sangatlah berkaitan dan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis usaha cuci motor kalian.

Baca juga : Waspada bahaya isi wiper dengan air sabun

Untuk tulisan lainnya yang berkaitan dengan bisnis dan usaha cuci motor maupun cuci mobil bisa kalian baca juga list berikut ini.



Nah itulah tadi berbagai tips promosi untuk memajukan usaha cuci motor kalian, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan artikel ini :). Salam sukses.



Subscribe to receive free email updates: