Kelebihan Busi Iridium Dibanding Busi Biasa

Advertisement
Busi iridium adalah komponen yang memiliki peranan penting didalam sebuah kendaraan bermotor, yakni sebagai ujung tombak terjadinya pembakaran didalam ruang bakar yang nantinya menghasilkan tenaga yang bisa menggerakkan poros engkol .

Tanpa adanya busi ini mustahil mesin mobil dapat menyala dan bekerja dengan baik ( kecuali mobil listrik ). Didalam dunia otomotif ada sebuah busi yang disebut dengan busi iridium. Busi ini sebenarnya sama dengan busi busi biasa pada umumnya, dan perbedaan mencolok diantara keduanya ialah jika busi biasa menggunakan elektroda biasa, maka didalam busi iridium ini menggunaka bahan iridium sebagai ujung elektrodanya.

Kelebihan busi iridium


spark plug iridium


Pada umumnya busi jenis iridium ini memiliki ujung elektroda yang dibuat meruncing yang bertujuan agar percikan api dapat fokus dan stabil sehingga proses pembakaran lebih efisien dan hemat bahan bakar walaupun tidak 100% hemat. Selain itu bahan iridium ini juga memiliki tahanan atau hambatan yang lebih rendah sehingga nyala bunga api lebih stabil dibanding busi biasa pada umumnya.

Selain itu juga busi jenis iridium ini memiliki usia pakai yang jauh lebih lama dan awet tentunya bila dibandingkan dengan busi merk biasa non iridium. Jika busi biasa harus sebaiknya diganti setiap 20.000km, maka busi iridium ini mampu bertahan sampai jarak tempuh sepanjang 100.000km, fantastis bukan?.

Namun disamping keunggulan yang dimilikinya ini, harga yang ditawarkan dari busi jenis iridium ini lebih mahal, bila busi biasa harganya antara 25.000 sampai 35.000 rupiah, maka busi iridium ini bisa mencapai harga 100.000 rupiah keatas untuk motor dan 200.000 keatas untuk busi mobil.

Baca juga : Inilah waktu yang tepat mengganti busi
                   Inilah tips kredit motor bagi kalian yang masih ngekost

Nah itulah tadi beberapa kelebihan yang dimiliki oleh busi iridium dibandingkan busi biasa. Bagaimana pendapatmu, apakah memilih membeli busi biasa ataukah busi iridium ?


Subscribe to receive free email updates: