Sebab Stir Belok Kiri Dan Kanan Tidak Sama

Advertisement
Penyebab Stir Beda Belok - pernahkah anda mengalami kejadian pada mobil anda keluhan ketika belok kiri dan kanan putaran setir tidak sama? misalkan ketika dibelokkan kekiri hanya satu putaran,sedangkan bila dibelokkan kekanan ternyata dua putaran sehingga sudut belok keduanya menjadi berbeda.

stir belok tidak sama

Bila pernah mengalami kejadian diatas dan ingin mengetahui penyebab putaran setir tidak sama antara kekiri dan kekanan adalah sebagai berikut :

Mengganti Part Bukan Asli

Bagian part pada long tierod,tierod serta racksteer sangat mempengaruhi kenapa sudut belok kiri dan kanan tidak sama. Bila anda pernah melakukan penggantian pada bagian ini dengan barang atau suku cadang yang bukan asli bisa jadi part tersebut adalah penyebabnya.

Mengganti Part Asli Namun Bukan Peruntukannya

Maksudnya adalah anda melakukan penggantian sukucadang asli yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil tersebut namun bukan part semestinya. Misalnya anda mengganti tierod kijang kapsul menggunakan tierod kijang innova. Memang sekilas sama namun bila anda perhatikan panjang dari tierod tersebut sangatlah berbeda sehingga membuat sumbu belok kemudi berbeda walau setir lurus.

Atau contoh yang satu lagi adalah anda mengganti racksteer mobil rush dengan racksteer mobil yaris,bila anda pernah melakukan hal yang semacam ini anda adalah orang yang termasuk dalam kategori nekat.

Untuk dapat diketahui bahwa suku cadang asli sekalipun bisa berbeda bentuk dan ukuran loh walau mobilnya bertype sama. Misalkan avanza 2013 dengan avanza 2015.

Oleh karena itu sebaiknya bila anda ingin melakukan penggantian suku cadang gunakanlah sparepart asli dan dengan nomor yang sama karena kode nomor part ini berbeda beda.

Nah itulah tadi alasan kenapa putaran stir berbeda antara kiri dan kanan ketika belok, semoga artikel singkat ini dapat memberikan informasi yang jelas bagi kalian yang sedang kebingungan mencari alasan kenapa sudut belok kemudi berbeda.


Subscribe to receive free email updates: