Setir Mobil Terasa Getar Ketahui Sebabnya

Advertisement
Setir mobil bergetar kemungkinan ada beberapa pengendara mobil yang merasakan demikian. Terlabih lagi bila digunakan dalam kecepatan yang tinggi,tentu rasa letih ditangan akibat getaran setir pun akan terasa.

Jangan hanya menerka nerka apa yang menyebabkan setir menjadi getar, karena tidak akan membuahkan hasil apapun terhadap mobil anda. Untuk mengetahui informasi penyebab setir getar pun sebaiknya dilakukan pengecekan di tempat ahlinya yakni tempat khusus spooring balancing mobil.

setir getar


Untuk sekilas informasi mengenai penyebab setir getar yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda pengguna mobil adalah sebagai berikut.

1. Tidak pernah di spooring balancing

Pertanyaan pertama adalah apakah mobil rajin dilakukan spooring dan balancing ataukah tidak,karena kedua pekerjaan tambahan ini adalah termasuk jenis servis yang sangat vital yang sangat erat hubungannya dengan keluhan anda tadi. Untuk melakukan servis spooring balancing biasanya dilakukan pada kelipatan jarak tempuh per 10.000km.

2. Apakah getar terasa setelah melakukan penggantian velg racing dan ban ?

Kebanyakan pengguna mobil pastinya ingin tunggangan mereka terlihat lebih macho dengan melakukan penggantian penggantian beberapa item tertentu termasuk salah satunya adalah velg model racing dan ban dengan telapak yang lebar.
Bila iya,kemungkinan besar.

3. Kondisi Kaki kaki yang telah rusak / aus

Beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan setir mobil terasa getar adalah telah rusaknya bagian kaki kaki / understeel seperti racksteer,tie rod,long tie rod dan ball joint. Lakukan pengecekan terhadap kaki kaki mobil dan gantilah bila ditemukan kerusakan pada bagian ini.

4. Setelan Racksteer Terlalu Longgar

Menyetel racksteer agar setir terasa lebih ringan salah satu jalannya adalah dengan melonggarkan baut penyetelnya,namun bila terlalu banyak akan menyebabkan adanya freeplay. Sehingga ketika mobil berjalan dengan kecepatan tinggi akan timbul getaran dan bahkan bunyi duk duk di area depan. Bila anda pernah melakukan penyetelan pada bagian ini sebaiknya dikembalikan lagi ke keadaan semula.

5. Apakah setir terasa getar saat di rem saja?

Bila masalah yang anda alami adalah yang demikian maka sudah dapat dipastikan penyebabnya ada pada sistem pengereman. Cek kondisi disc brake atau piringan rem apakah piringan tersebut oleng ataukah tidak. Bila oleng,silahkan lakukan penggantian.

6. Ban benjol / permukaannya tidak rata

Cara memakai mobil yang ugal ugalan seperti kebut kebutan di jalanan yang bergelombang akan menyebabkan kondisi permukaan ban menjadi benjol karena terlalu sering menghantam lubang dijalanan sehingga dapat menyebabkan kerusakan serius pada ban.

Lakukan pengecekan dengan jalan mendongkrak bagian depan kendaraan dan putar ban menggunakan tangan,mintalah seorang teman untuk melihat kondisi putaran ban apakah ada yang benjol atau tidak.

Bila ternyata ada ban mobil yang benjol silahkan lakukan pengantian.
Oh iya, pengecekan ini dapat anda lakukan di bengkel khusus spooring dan balancing.

Subscribe to receive free email updates: