Jangan Mengisi Air Radiator Sembarangan
Home » , » Jangan Mengisi Air Radiator Sembarangan

Jangan Mengisi Air Radiator Sembarangan

Advertisement
Radiator adalah salah satu komponen yang terdapat pada mobil yang memiliki fungsi utama menjaga suhu mesin agar tetap pada derajat / temperatur kerja yang stabil. Mengisi air radiator pun juga tidak dapat anda lakukan secara sembarangan dan dengan bahan isi semau anda sendiri bahkan air mineral seperti aqua tidak disarankan untuk dipakai untuk mengisi radiator. Boleh menggunakan air mineral aqua jika dalam keadaan terpaksa semisal radiator bocor,dan anda harus segera melakukan penggantian radiator yang bocor dengan radiator baru serta mengganti air radiator dengan cairan khusus .

Selain cairan khusus radiator bila anda masukkan kedalamnya akan menimbulkan karat yang lambat laun menyebabkan tersumbatnya saluran air radiator oleh karat dan pada akhirnya suhu mesin akan naik. Bila hal ini diteruskan maka dapat menyebabkan overheating dan bengkoknya head silinder dan bocornya kompresi mesin,alhasil mogok dijalanan pun tidak dapat anda hindari lagi.

long life coolant
ilustrasi air radiator rekomendasi toyota dengan keunggulan anti freeze

Maka dari itu isilah air radiator dengan cairan yang memang khusus digunakan untuk mengisi radiator,bisa dengan air radiator rekomendasi bengkel resmi atau merk lain yang jelas cairan khusus. Cairan khusus radiator ini diformulasikan untuk dapat bekerja pada kondisi extrem seperti tidak dapat membeku walau berada pada suhu minus 20 derajat celcius dan anti karat. Bila anda masih ngotot mengaku tidak masalah menggunakan air mineral,pasti beberapa bulan kondisi air radiator anda akan seperti gambar berikut ini :

karat radiator

Apakah anda masih tetap ingin menggunakan air mineral untuk mengisi radiator mobil kesayangan anda?

Advertisement