Fungsi Spoiler Di Belakang Helm

Advertisement
Fungsi spoiler helm - setiap pernik yang ada pada helm selain berguna untuk menambah estetika atau penampilan, ternyata juga memiliki fungsi yang penting namun tidak semua orang tahu mengenai fungsi sesungguhnya. Salah satu contohnya adalah spoiler yang terpasang dibelakang helm.

Fungsi Spoiler Di Belakang Helm


Banyak orang mengira keberadaan spoiler belakang helm tersebut berguna untuk menambah daya tarik dari desain helm, ada beberapa orang lagi yang bilang bahwa fungsi dari spoiler tersebut sebagai penahan ketika terjatuh kebelakang dan lain sebagainya.

Padahal fungsi sesungguhnya dari spoiler yang ada dibagian belakang helm ini adalah sebagai komponen aerodinamika, yang tujuannya adalah untuk memecah atau mengacaukan gerakan udara yang tidak menguntungkan dibagian belakang helm ketika kita riding dengan kecepatan tinggi, Udara yang tidak menguntungkan ini sering disebut dengan istilah turbulensi udara.

Fungsi Spoiler Di Belakang Helm


Besarnya nilai turbulensi dibagian helm ini akan menghasilkan variable drag & lift keatas, semakin kencang saat kita riding maka semakin besar pula nilainya sehingga membuat leher kita jadi kurang nyaman.

Sumber gambar : jp.shoei.com

Nah dengan adanya spoiler yang tertanam di bagian helm ini, maka variable drag & lift ini bisa diminimalisir sehingga membuat leher kita menjadi terasa nyaman saat ngebut.

Baca juga : Nih tips menyimpan helm yang lama tak dipakai



Subscribe to receive free email updates: