Efek Negatif Bawa Barang Berlebihan Di Mobil

Advertisement
Overload - setiap mobil tentu saja diberikan ruang bagasi yang berguna untuk menyimpan barang bawaan ketika kita sedang bepergian. Namun apa jadinya jika ternyata barang yang akan dibawa jumlahnya terlalu banyak dan dipaksakan masuk kedalam bagasi mobil ?

Tentu saja akan ada beberapa efek negatif yang akan terjadi baik terhadap mobil itu sendiri, maupun terhadap anda beserta penumpang lainnya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa efek buruk membawa barang bawaan terlalu banyak di mobil, silahkan disimak dengan baik.

Efek Negatif Bawa Barang Berlebihan Di Mobil


Efek membawa barang terlalu banyak di bagasi mobil


1. Boros bahan bakar

Efek pertama yang akan terjadi pada sebuah mobil yang dipaksakan mengangkut beban berlebihan adalah borosnya penggunaan bahan bakar, hal ini dikarenakan beban kerja mesin juga akan meningkat ketika dipaksa untuk mengangkut beban yang lebih berat.

2. Kerusakan pada ban dan velg

Nah mobil yang membawa barang bawaan terlalu berlebihan alias overload selain resiko borosnya penggunaan bahan bakar, juga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian ban. Kendaraan yang sering mengangkut beban secara overload, akan membuat ban menjadi cepat habis. Bila kendaraan overload ini digunakan menghajar lubang di jalanan, resiko velg mengalami peyang lebih besar.

3. Merusak komponen kaki kaki mobil

Resiko kerusakan selanjutanya jika mobil sering dipakai mengangkut beban secara overload adalah kaki kaki alias understeels menjadi cepat rusak. Bagian understeel yang rawan rusak diantaranya meliputi shock absorber dan per atau spring mobil.

4. Manuver mobil berkurang dan jarak tempuh yang lama

Karena saking banyaknya bawaan barang yang dibawa, tentu hal ini akan mempengaruhi kemampuan bermanuver mobil di tikungan. Semakin overload barang bawaan maka resiko mobil mengalami limbung saat di belokan pun semakin besar sehingga kita perlu hati hati saat melewati tikungan. Hal ini juga dapat memperpanjang waktu tempuh kendaraan karena rasa was was di tikungan tadi.

5. Resiko ditilang polisi

Setiap kendaraan tentu saja ada berat maksimal yang mampu diangkut, aturan ini berlaku baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan pengangkut barang. Bila sampai ketahuan memuat barang berlebihan tentu saja kita akan dikenakan tindakan tegas dari bapak polisi.

Nah ternyata banyak sekali ya resiko yang akan kita hadapi saat memutuskan untuk mengangkut muatan yang berlebihan. Oleh karena itu alangkah baiknya kita membawa muatan sesuai dengan kemampuan kendaraan.

Informasi mengenai max load kendaraan bisa kalian peroleh di brosur saat pertama kali membeli mobil, melihat panel informasi yang biasanya ada pada bukaan pintu bagian kemudi, atau cobalah bertanya ke dealer resmi kendaraan untuk lebih jelasnya.



Subscribe to receive free email updates: