Home » » Tips Beli Ban Mobil Bekas Untuk Dipakai Kembali

Tips Beli Ban Mobil Bekas Untuk Dipakai Kembali

Advertisement
Tips beli ban mobil bekas - ban yang sudah botak tentu sangat berbahaya jika dipaksakan untuk dipakai, terutama jika digunakan pada musim hujan mobil akan rawan selip dan terjadi kecelakaan. Terkadang keuangan tidak selalu bagus, ada kalanya kita mengalami kesulitan keuangan sehingga untuk membeli ban baru saja susah, dan alternatif yang paling jitu ketika anda mengalami hal ini adalah dengan membeli ban bekas pakai yang kondisinya masih memungkinkan untuk digunakan kembali.

tips beli ban bekas mobil


Namun dalam memilih dan membeli ban mobil bekas tidak boleh ngasal, sebab salah sedikit bukan menghemat biaya, yang ada malah celaka dan membuat pengeluaran untuk memperbaiki mobil semakin berlipat ganda. Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut ini jika anda memutuskan untuk memilih dan membeli ban bekas untuk digunakan kembali pada mobil kalian.

Baca juga : Ciri - ciri ban mobil sebaiknya harus diganti

Poin penting saat memilih ban bekas mobil


1. Perhatikan tanggal produksi ban

Tanggal produksi pada ban merupakan identitas utama mengenai kapan ban tersebut dicetak oleh pabrikan. Pada umumnya ban yang telah digunakan lebih dari 5 tahun terhitung dari tanggal pembuatan ban ini tidak disarankan untuk digunakan. Hal ini dikarenakan ban yang berusia lebih dari 5 tahun, kondisi karet ban tersebut sudah mengeras sehingga daya cengkeram pada aspal pun berkurang. Namun meskipun melebihi 5 tahun bila ban bekas yang kalian lihat kondisinya masih kenyal atau empuk, tidak masalah untuk dibeli.

2. Perhatikan ketebalan kembang ban

Tips selanjutnya ialah dengan memperhatikan ketebalan kembang atau tapak ban bekas yang akan dibeli. Sebaiknya beli ban bekas pakai yang kondisi telapak ban nya masih tebal, sehingga memungkinkan ban tersebut bisa dipakai lebih lama sembari kita mengumpukan dana untuk membeli ban baru.

Baca menarik lainnya : Ini penjelasan kenapa ban perlu dibalancing

3. Perhatikan keretakan pada karet ban

Meskipun kembang ban dan tanggal pembuatan masih masuk dalam kriteria namun ada beberapa kondisi keretakan pada bagian ban, alangkah baiknya ban tersebut tidak dibeli sebab sangat beresiko meletus saat digunakan dalam perjalanan nantinya. Termasuk juga periksa kondisi dinding dan telapak ban, apakah ada yang sobek ataukah tidak.

4. Perhatikan jumlah tambalan pada ban

Ban mobil bekas yang bagus untuk digunakan adalah ban yang selain berusia kurang dari 5 tahun, tapak ban masih tebal dan tidak ditemukan robekan / retakan, juga adalah ban yang tidak terdapat banyak lubang bekas tambalannya. Semakin banyak lubang tambalan ban semakin buruk juga kualitas ban tersebut dan rawan sekali ban menjadi benjol. Oleh sebab itu sebaiknya hindari membeli ban bekas yang ada tambalannya, maksimal tambalan pada ban setidaknya satu atau dua lubang saja.

5. Gunakan ban yang ber SNI hindari ban bekas import

Ban bekas yang dijual di indonesia selain ban lokal, ternyata juga banyak ban ban bekas yang diimport secara ilegal, dimana ban bekas import ilegal ini biasanya tidak memenuhi standard SNI sehingga sangat rawan ketika digunakan. Pilihlah ban bekas pakai lokal yang ber SNI karena tentunya lebih aman jika digunakan sebab proses produksinya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh negara kita tentunya.

Memang tidak ada yang melarang untuk membeli ban bekas untuk selanjutnya digunakan kembali, namun ada baiknya anda menghindari membeli ban bekas, atau jika terpaksa membelinya, setidaknya anda perhatikan poin - poin diatas demi keselamatan anda dalam berkendara.

Baca juga : Penyebab ban aus bagian luar dan bagian dalam

Semoga informasi mengenai cara memilih ban mobil bekas untuk dipakai kembali diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Jangan lupa di share artikelnya dan salam otomotif.



Advertisement