Home » , » Kapan Ban Mobil Harus Diganti ? Ini Jawabannya

Kapan Ban Mobil Harus Diganti ? Ini Jawabannya

Advertisement
Ganti ban - terkadang mereka para pemilik mobil seringkali mengabaikan keselamatan dalam berkendara terutama masalah penggantian ban atau roda mobil. Padalah fungsi roda atau ban adalah salah satu komponen paling vital yang menyangkut keselamatan berkendara pasalnya ban inilah yang mengatur laju dan kendali sebuah kendaraan.

Seringkali kita menunda untuk mengganti ban mobil yang telah tida layak pakai dengan alasan keuangan yang sedang menipis,coba anda pilih mana antara mengeluarkan ongkos membeli ban baru atau celaka ketika sedang berkendara?

ban ganti


Bagaimana jikalau kita memang benar benar tidak tahu menahu kapan ban tersebut harus diganti?.Sebenarnya ada kriteria tertentu yang mengharuskan anda melakukan penggantian ban,dan berikut adalah beberapa kriteria ban yang sudah waktunya untuk diganti.

Bila ban sudah aus

Keausan ban menandakan bahwa kondisi ban telah menipis,caranya adalah dengan melihat indikator keausan ban ( Tread Wear Indicator ) yang disimbolkan dengan tanda segitiga di bagian sisi ban.
Ban yang telah mengalami keausan akan memiliki daya cengkeram ke aspal yang melemah,dan akibatnya ban akan mudah sekali slip dan tentu sangat berbahaya bagi anda dan juga orang disekitar anda bukan?.

Ban sering bocor dan memiliki banyak lubang tambalan

Ban yang banyak memiliki lubang tambalan juga sangat TIDAK disarankan untuk tetap dipakai karena dikhawatirkan akan meledak sewaktu waktu akibat tambalan yang terlepas ( untuk ban tubeless ). Untuk lubang tambalan sendiri yang masih diperbolehkan tidak lebih dari 2 lubang tambalan,jika ban mobil anda telah ditambal sebanyak 3 kali sebaiknya anda ganti dengan ban yang baru,sedangkan ban tadi dipindah posisinya ke Serep.

Bila ban terlihat retak retak dan terdapat benjolan

Ban yang memiliki kondisi retak biasanya diakibatkan seringnya terkena panas,pemakaian dengan jarak tempuh yang jauh namun kurang diperhatikan kelembabannya. Kondisi ban yang seperti ini sangat rawan sekali terjadi PECAH BAN di jalanan. Penasaran ingin melihat mobil yang mengalami pecah ban?,silahkan anda cari di youtube.

Untuk kondisi ban yang benjol pun demikian,harus sesegera mungkin diganti karena biasanya ban yang benjol akan mengalami pecah ban.

Usia ban yang terlalu tua

Baik ban yang sering dipakai ataupun yang jarang sekali dipakai,bila usianya telah terbilang tua maka sebaiknya anda ganti denga ban yang baru karena ban yang memiliki usia tua secara otomatis akan kehilangan elastisitasnya ( getas ) dan biasanya memiliki tada tanda umum yakni berwarna kusam,terlihat retak retak walaupun sebesar rambut, dan tidak elastis ( kaku )
Untuk usia ban sendiri yang disarankan adalah dibawah 8 tahun,diatas itu silahkan sebaiknya diganti saja.
Oh iya,dalam membeli ban baru tanyakan pula tanggal produksi ban yang akan dibeli kepada penjual,produsen ban pada umumnya memproduksi ban baru setiap 5 tahun sekali.

Terasa getar bila mobil dipakai pada kecepatan tertentu

Setir yang bergetar ketika kendaraan sedang dipakai sungguh terasa tidak enak karena akan menyebabkan tangan kram. cobalah untuk melakukan balancing roda guna menetralisir getaran,namun bila ternyata masih terasa bergetar segeralah ganti ban tersebut dengan yang baru.


Nah itulah tadi hal hal yang mengharuskan anda untuk mengganti ban,ingat keselamatan anda lebih penting.


Advertisement