Home » » Penyebab Pedal Rem Mobil Ambles Dan Mengatasinya

Penyebab Pedal Rem Mobil Ambles Dan Mengatasinya

Advertisement
Mengatasi pedal rem ambles - pada umumnya permasalahan yang sering terjadi pada sistem pengereman mobil diantaranya adalah pedal rem terasa keras, rem kurang pakem, rem bunyi saat diinjak dan pedal rem ambles saat di rem. Dari sekian banyak masalah tersebut tentu saja semuanya membuat kita menjadi kurang nyaman saat mengendarai mobil, pasalnya mobil yang memiliki masalah pada sistem pengereman tersebut sangat beresiko terlibat atau bahkan menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab kenapa pedal rem mobil ambles saat di rem beserta cara memperbaiki pedal rem mobil yang ambles ini. Untuk itu silahkan anda simak artikelnya hingga selesai.

sistem rem mobil


Penyebab pedal rem mobil bisa ambles

Amblesnya pedal rem mobil ini biasanya disebabkan oleh dua hal, yang pertama adalah adanya gelembung udara didalam saluran minyak rem pada sistem pengereman, dan yang kedua adalah karena adanya kerusakan pada master cylinder, tepatnya aus nya komponen karet master cylinder sehingga ketika pedal rem di injak, master cylinder tidak mampu memompa fluida dan ambles.

Masuknya gelembung pada saluran minyak rem ini biasanya dikarenakan faktor suhu saat mobil disimpan, sehingga terjadi pengembunan didalam selang saluran minyak rem, maupun karena adanya kebocoran minyak rem sehingga fluida yang ada didalam reservoir berkurang. Saat berkurang inilah ketika rem mobil dioperasikan, udara bisa terhisap masuk kedalam saluran minyak rem. Orang awam biasanya menyebut istilah ini dengan sebutan rem mobil masuk angin.

Untuk masalah kerusakan master cylinder ini biasanya dikarenakan aus nya karet master cylinder akibat terlalu sering bergesekan dengan ruang cylinder yang mungkin sudah berkarat akibat kemasukan air.

Baca menarik lainnya : Penyebab booster rem mengalami kerusakan

Ciri rem mobil masuk angin karena kemasukan udara

Ciri umum yang bisa kalian rasakan ketika rem mobil mengalami masuk angin alias kemasukan udara pada saluran minyak remnya adalah, ketika anda injak pedal rem terasa sedikit ambles, namun tidak amblas semua, masih terasa keras di akhir yang menandakan master cylinder bekerja normal, sedangkan amblesnya ini dikarenakan minyak rem yang dipompa menuju ke empat piston rem terhisap / terserap oleh udara yang terjebak didalam saluran sehingga tenaga dorong ini tidak berhasil mendorong piston kaliper rem. Karena efek ini rem mobil seolah olah ngeblong. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan bleding rem sehingga amblesnya pedal rem akibat masuk angin ini bisa diatasi.

Ciri kerusakan master cylinder rem

Nah ciri yang paling umum yang menandakan master cylinder rem mengalami kerusakan adalah setelah anda bleding minyak rem, ternyata rem mobil tetap tidak pakem dan pedal rem masih ambles. Untuk lebih memastikan anda bisa melakukan pengecekan visual dengan jalan melepas master cylinder dari booster rem, kemudian membongkar dan memeriksa apakah dibagian dinding dalam master cylinder.

Repair kit master cylinder mobil
Contoh repair kit master cylinder

Periksa juga karet seal piston didalam master cylinder, jika ternyata sudah aus, dan bagian dalam master cylinder berkarat, anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengganti karet seal dengan menggunakan repair kit, kemudian mengamplas bagian dalam master cylinder dengan menggunakan amplas halus nomor 1000.

Baca juga : Kelebihan rem berteknologi ABS dibandingkan Non ABS

Langkah perbaikan pedal rem mobil yang ambles

Untuk memperbaiki pedal rem yang ambles, pertama tama lakukan pemeriksaan pada bagian piston kaliper rem depan dan belakang mengenai adanya kebocoran, bila ada silahkan diperbaiki terlebih dahulu. Selanjutnya anda bisa melakukan bleding minyak rem mobil hingga selesai. Jangan lupa lakukan tes jalan dan tes mengerem, seharusnya masalah ini sudah teratasi, namun jika ternyata belum bisa dipastikan ada masalah di bagian master cylinder rem nya.

Untuk itu anda bisa mencoba melepaskan master cylinder rem yang dibaut pada bagian belakang booster rem, kemudian melakukan pembongkaran dan periksa apakah ada karet karet didalamnya yang mengalami aus ataukah tidak, dan juga periksa bagian dalam master cylindernya apakah ada karat atau tidak. Jika karet karetnya ada yang aus silahkan diganti baru dengan repair kit nya. Jika ada karat yang kemungkinan bisa diatasi dengan mengamplas, silahkan diamplas dengan menggunakan amplas halus ( biasanya amplas nomor 1000 ).

Untuk masalah kerusakan master cylinder yang lebih parah, misalnya dibagian dalam cylinder sudah berkarat dan berlubang lubang, sebaiknya ganti saja master cylindernya dengan yang baru. Setelah melakukan perbaikan maupun penggantian master cylinder, jangan lupa untuk bleding ulang minyak remnya.

Baca juga : Tips cara ganti minyak rem mobil sendiri ( bleding )

Nah begitulah tadi artikel mengenai penyebab pedal rem mobil ambles serta cara mengatasi pedal rem mobil yang ambles, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa di share artikelnya. Terimakasih telah berkunjung dan salam otomotif.



Advertisement