Home » » Kelebihan Rem ABS dibanding Rem Non ABS

Kelebihan Rem ABS dibanding Rem Non ABS

Advertisement
Kelebihan pengereman ABS - teknologi otomotif saat ini kian berkembang sangat pesat, termasuk salah satunya adalah teknologi pengereman kendaraan bermotor baik itu mobil maupun sepeda motor dalam hal pengendalian arah / laju kendaraan ketika dilakukan pengereman.

Jika dulu dimana sistem rem masih konvensional kendaraan sangat rawan meluncur saat dilakukan pengereman mendadak di permukaan aspal yang basah dan licin akibat terguyur hujan akibat adanya gaya kelembaman yang terjadi pada mobil akibat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, sedangkan rem telah terkunci dan ban depan sudah berhenti berputar.

Sistem abs

Dan berkat berkembangnya teknologi pengereman dengan sistem rem abs ini kejadian seperti diatas tidak akan lagi terjadi pada mobil atau motor yang telah mengaplikasikan teknologi ABS pada sistem rem mereka. Dengan adanya penambahan sistem ABS pada rem mobil ataupun motor, maka proses pengereman tidak akan lansung mengunci, sehingga laju mobil tetap bisa kita kendalikan saat melakukan pengreman mendadak diatas permukaan jalan yang basah / licin akibat terguyur air hujan.

Sekilas cara kerja rem ABS

Cara kerja dari rem ABS ini sebenarnya sangat sederhana, mirip seperti jika anda melakukan pengereman tidak langsung dengan melakukan kocokan pedal rem atau tuas rem dengan cara di rem - dilepas - di rem - dilepas berulang ulang, dengan adanya sistem ABS ini anda tidak perlu lagi melakukan hal itu, cukup injak pedal rem sekuat tenagamaka proses selanjutnya akan di ambil alih oleh komputer mobil / motor dengan ditandai munculnya bunyi gruk serta pedal rem terasa bergetar hebat.

Dengan begitu meskipun rem mobil ataupun motor kalan tekan dengan sekuat tenaga, ban atau roda tidak akan langsung mengunci mati, pengereman tetap terjadi namun roda juga tetap terputar sehingga roda roda kendaraan tidak kehilangan traksinya diatas permukaan jalan, anda pun bisa dengan mudah mengarahkan laju mobil.

Dengan penjelasan yang telah diuraikan diatas maka kita dapat menyimpulkan kelebihan rem ABS yang diantarnya adalah sebagai berikut :

  • Memberikan kestabilan laju mobil saat di rem mendadak di permukaan jalan yang basah
  • Meminimalisir resiko mobil meluncur bebas di jalanan basah akibat rem terkunci
  • Meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalanan basah / licin
  • Rem ABS termasuk kedalam piranti keselamatan

Mitos seputar rem ABS

Mungkin anda juga pernah membaca di beberapa media internet yang menyebutkan sistem rem ABS ini tidak bekerja di jalanan yang bergelombang, berkerikil dan berumput dengan mengatakan rem mobil menjadi tidak pakem. Dari kacamata penulis sendiri pernyataan seperti ini justru malah membingungkan para pembaca dan kemudian efeknya adalah pembaca malah ragu dan tidak membeli mobil atau motor yang ber fitur ABS, padahal rem ABS ini tetap bisa berfungsi di segala medan jalanan entah itu jalanan berkerikil, berbatu, berumput atau bahkan diatas jalanan yang basah sekalipun rem ABS tetap bekerja dengan baik dan REM TETAP PAKEM bila digunakan dengan cara yang benar.

Ada kemungkinan orang yang memiliki pengalaman buruk dengan rem jenis ABS ini tidak tahu cara penggunaan rem ABS, atau memang sistem rem mereka mengalami kerusakan, misalnya adanya gelembung udara yang terperangkap didalam saluran minyak rem sehingga membuat rem jadi tidak pakem alias nggembos.

Bagaimana cara yang benar mengerem dan mengaktifkan fitur ABS

Untuk megaktifkan rem berfitur ABS ini caranya adalah dengan menginjak pedal rem dengan injakan yang kuat sampai terdengar bunyi gruuukk dan pedal rem bergetar, hal ini menandakan fitur ABS sedang bekerja. Memang rem ABS ini akan sangat terasa manfaatnya jika anda berkendara di jalanan yang basah dan licin. Semoga informasi diatas bermanfaat dan silahkan dibantu share.

Baca menarik lainnya seputar rem ABS




Advertisement

Advertisement