Home » » Cara Ganti Minyak Rem Mobil Sendiri

Cara Ganti Minyak Rem Mobil Sendiri

Advertisement
Ganti minyak rem mobil sendiri - minyak rem adalah salah satu bagian penting yang berfungsi untuk membantu sistem pengereman, jika minyak rem mobil sampai berkurang atau masuk angin, maka kinerja pengereman pun menjadi buruk seperti rem tidak makan atau rem blong sehingga kita harus melakukan perawatan pada sistem pengereman agar kita terhindar dari bahaya yang demikian.

Untuk melakukan penggantian minyak rem ini biasanya dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak sejauh 80.000km dan melakukan pengecekan ringan ketika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh sejauh 40.000 km. Anda bisa mengganti minyak rem ini di bengkel resmi saat kalian melakukan servis rutin atau berkala, atau bisa juga kalian lakukan sendiri dirumah jika bengkel resmi jauh dari lokasi anda dan anda penasaran ingin bisa melakukan penggantian minyak rem sendiri. Adapun langkah dan cara mengganti minyak rem sendiri adalah seperti yang terurai dibawah ini.

cara ganti minyak rem sendiri

Cara mengganti minyak rem sendiri dirumah



#Persiapan mengganti minyak rem mobil sendiri


1. Peralatan yang dibutuhkan

Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum melakukan penggantian minyak rem mobil. Yang pertama adalah peralatan atau kunci kunci yang dibutuhkan meliputi kunci pas ring ukuran 8 atau 10 disesuaikan dengan ukuran kepala nipel minyak rem. Kemudian siapkan juga selang air kecil yang biasa dipakai oleh pekerja bangunan sepanjang 60 sampai 80 cm, serta botol kosong yang nantinya digunakan untuk menampung minyak rem bekas agar tidak tercecer kemana mana. Pastikan juga anda menyiapkan minyak rem baru. Silahkan dimodifikasi sesuai dengan gambar diatas.

2. Jumlah menpower

Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal setidaknya anda membutuhkan 3 orang untuk melakukan penggantian minyak rem. Kita sebut saja dengan sebutan teknisi, teknisi 1 bertugas untuk menjaga fluida minyak rem yang ada pada reservoir / tangki minyak agar tetap dalam keadaan max. Selanjutnya teknisi 2 yang bertugas stanby di tempat duduk pengemudi dan menunggu aba aba dari teknisi ketiga untuk memompa pedal rem. Dan yang terakhir adalah teknisi ketiga, yang bertugas untuk memberikan perintah ke teknisi kedua untuk melakukan gerakan memompa pedal rem, sedangkan dia sendiri melakukan pekerjaan membuka dan menutup nipel minyak rem.

cara ganti minyak rem sendiri


#Proses mengganti minyak rem sendiri dirumah

Kita asumsikan bahwa anda sudah mendongkrak mobil dan mencopot seluruh ban, jika tidak ada peralatan mendongkrak dan membongkar, terpaksa yang bertugas sebagai teknisi ketiga harus delosoran masuk kekolong untuk membongkar dan menutup baut nipel.

1. Tahap pertama

Setelah semua siap pada posisi masing masing, teknisi ketiga menancapkan ujung selang ke ujung baut nipel serta membukanya,jangan lupa memberikan aba aba kepada teknisi kedua untuk memompa pedal rem, selanjutnya si teknisi kedua harus melakukan gerakan memompa pedal rem dengan halus. Teknisi ketiga yang delosoran di kolong wajib memperhatikan warna minyak rem yang mengalir melalui selang, jika warnanya sudah berubah dari keruh menjadi bersih menandakan bahwa minyak rem lama sudah berganti dengan yang baru, jika iya silahkan perintahkan teknisi kedua untuk STOP memompa pedal rem dan silahkan tutup baut nipel. Ulangi langkah ini pada ke empat roda.

Untuk posisi rodanya silahkan dimulai dari yang paling jauh yakni roda belakang kiri, kemudian belakang kanan, dilanjutkan ke roda depan kiri dan yang terakhir adalah roda depan kanan. Dan saat melakukan flushing ini mesin mobil harus dinyalakan agar booster dapat bekerja dan membantu penekanan pedal rem.

2. Tahap kedua

Untuk tahap kedua ini adalah memastikan bahwa tidak ada udara yang terjebak didalam saluran selang minyak rem ( opsional jika hanya mengganti, dan wajib jika menguras ), caranya hampir mirip dengan tahap pertama, teknisi ketiga memberikan aba aba kepada teknisi pertama untuk memompa pedal rem namun posisi nipel tetap dalam keadaan tertutup, dalam hitungan 15 detik berikan aba aba kepada teknisi kedua untuk STOP dan menahan injakan kakinya pada pedal rem, sementara anda membuka nipel dan menutup kembali dengan cepat. Lakukan langkah ini pada semua roda dimulai dari posisi yang terjauh seperti diatas.

Setelah proses mengganti minyak rem selesai, jangan lupa untuk memeriksa ketinggian pedal rem dengan cara menginjaknya, apakah terjadi loss / gembos ataukah tidak. Biasanya jika terjadi loss, ada kemungkinan si teknisi pertama yang bertugas mengisi fluida minyak rem melakukan kesalahan terlambat menambahkan minyak rem.

Baca juga : Ketahui penyebab rem mobil kurang pakem

Nah begitulah cara melakukan ganti minyak rem mobil sendiri dirumah. Pastikan setelah anda melakukan penggantian minyak rem sendiri dirumah untuk mencobanya dengan menjalankan mobil dan mengeremnya guna mengetes kepakeman pedal rem mobil kalian. Semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan dirumah.


Advertisement

Advertisement