Penyebab Dan Atasi Rem Mobil Buang Kanan

Advertisement
Mobil banting saat di rem - banyak sekali masalah yang ada pada sistem pengereman mobil, mulai rem mobil yang ngeblong, terasa keras saat di injak atau bahkan kurang begitu pakem, ada masalah lain yang juga tak kalah mengganggu para pengemudi, yakni setir mobil mbanting kekiri ataupun kekanan saat dilakukan pengereman bahkan mobil pun terasa belok sendiri.

Apa sih yang menyebabkan kenapa setir mobil mbanting kekiri ataupun kekanan bahkan mobil pun terasa seperti belok sendiri saat di rem ?

Penyebab Dan Atasi Rem Mobil Buang Kanan


Biasanya ada salah satu rem depan mobil yang kurang pakem, sehingga saat dilakukan pengereman, rem mobil yang pakem akan mengunci putaran roda sehingga memebrikan efek mobil narik ke salah satu sisi tergantung rem bagian mana yang pakem.

Baca juga : Penyebab dan mengatasi pedal rem yang ambles

Untuk mobil dengan sistem rem depan tromol semacam kendaraan truk, ELF minibus, bus dan sejenisnya biasa dikarenakan setelan sepatu rem antara roda depan kiri dan depan kanan yang berbeda. Atau bisa jadi salah satu bagian master rem bawah ada yang macet. Untuk mengatasi masalah seperti ini cukup buka tromol rem dan cek apakah ada master rem bawah yang macet ataukah tidak. Bila master rem bawah tidak ada yang macet, pasang kembali tromol dan bisa langsung menyetel ketinggian sepatu rem nya.

Untuk rem cakram anda bisa membongkar dan mengecek bagian kampas rem, jika sudah mengeras dan licin coba gosok permukaannya dengan menggunakan kampas. Cek juga kinerja piston dan pen kaliper nya, jika ada yang macet bisa dilakukan perbaikan atau bila sudah tidak bisa diperbaiki terpaksa harus diganti baru. Jangan sampai lakukan bleding minyak rem jika anda membongkar bagian piston kaliper agar rem tidak masuk angin.

Setelah dilakukan perbaikan silahkan anda lakukan tes jalan untuk mencoba kepakeman antara rem depan bagian kiri dengan rem depan bagian kanan. Bila mobil sudah tidak narik saat di rem berarti masalah anda sudah teratasi dengan sangat baik.

Baca juga : Ini penyebab pedal rem getar saat dilakukan pengereman

Nah itulah tadi sekilas tentang penyebab mobil narik kiri kanan saat di rem, semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan artikelnya siapa tahu bermanfaat buat yang lain.



Subscribe to receive free email updates: