Penyebab Pedal Rem Bergetar Ketika Di Rem

Advertisement
Rem mobil bergetar ketika diinjak - pernahkah anda mengalami masalah pada pedal rem di mobil anda seperti misalnya pedal rem yang bergetar ketika di rem?. Kesal sekali bukan bila setiap mengerem pedal selalu bergetar seperti itu.

Penyebab pedal rem bergetar ( mobil tanpa tehnologi ABS ) sewaktu di injak biasanya adalah piringan / disc brake yang permukaannya sudah tidak rata lagi. Entah itu bengkok ataupun aus yang tidak merata karena memasang part pad brake / kampas rem palsu.

Untuk mengatasi hal tersebut lakukanlah hal berikut ini

***pastikan anda mengenali getar ABS karena ada beberapa kasus orang tidak dapat membedakan getaran keduanya.getaran ABS hanya terjadi saat mobil melaju kencang dan anda menginjak rem secara mendadak***.

pedal rem getar

Pertama cek kondisi piringan rem secara visual apakah terdapat cacat ataukah tidak.
Kemudian silahkan anda datang ke bengkel ahli bubut piringan / biasa disebut dengan remaching, atau anda bisa mencoba bertanya ke bengkel resmi terlebih dahulu apakah disana menyediakan jasa remaching.

Setahu saya di bengkel resmi sudah bekerjasama dengan vendor remaching jadi anda tinggal meminta pengerjaan saja.Bila anda memakai part imitasi sebaiknya setelah remaching anda ganti dengan part yang asli ( genue part ).


Tips tambahan

Jangan pernah anda memasang part / suku cadang yang bukan original karena hal ini hanya akan merusak mobil kesayangan anda. Seperti pad rem misalnya, part original didesain dengan bahan asbes karbon dan tembaga.

Hal ini bertujuan untuk agar kampas rem lebih lunak, beda halnya dengan kampas rem palsu yang didesain dengan campuran asbes dan serbuk besi, sehingga kampas tidak cepat habis ( namun yang habis justru piringan remnya ).

Baca juga : Ketahui kenapa kopling mobil bunyi ketika diinjak dan mengatasinya

Bagaimana apakah anda sudah mengerti apa saja penyebab pedal rem bergetar dan solusi mengatasinya. Pastikan anda tahu solusi mengatasinya, bukan melakukan penggantian langsung. Jika ada yang lebih murah kenapa harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli part baru :).


Subscribe to receive free email updates: