Berbagai Penyebab Ban Motor alami Kebocoran

Advertisement
Penyebab ban motor bocor - masalah yang sering menimpa para pengendara terutama sepeda motor ialah kebocoran pada ban, tanpa disadari ban motor bocor begitu saja dan baru disadari saat kita sudah berjalan cukup jauh.

Kebocoran pada ban dapat membuat kerusakan fatal terutama di bagian ban itu sendiri dan juga velg yang kemudian berpengaruh pada hilangnya kontrol pengendara terhadap sepeda motornya. Hal ini tentu saja selain membahayakan keselamatan kita sebagai rider juga membahayakan orang lain disekitar kita.

Berbagai Penyebab Ban Motor alami Kebocoran
Ilustrasi ban motor kempis dijalan, image by roadrunner,travel


Nah lalu apa sih sebenarnya yang bisa membuat ban motor bisa bocor ? yuk coba simak beberapa hal yang dapat menyebabkan ban motor kita bisa megalami kebocoran dibawah ini.

Berbagi penyebab ban motor bocor


1. Tetusuk benda tajam dan benda asing

Hal pertama yang bisa membuat ban motor kita mengalami kebocoran adalah karena tertusuk benda tajam di jalanan, bisa seperti sekrup, paku atau benda tajam lainnya. Bahkan benda tumpul seperti baut pun bisa menusuk dan mengakibatkan kebocoran. Oleh sebab itu sebisa mungkin selalu waspada dan berhati hati ketika berkendara.

2. Tekanan angin yang kurang

Kenapa tiap tiap kendaraan pasti ada tekanan standar yang diberikan adalah untuk menjaga agar ban tersebut mempu menopang beban motor, rider beserta barang muatan lainnya dengan baik. Sehingga ketika motor digunakan untuk melewati jalanan yang berlubang, ban tidak mengalami kerusakan / kebocoran. Tekanan angin yang kurang tentunya akan sangat beresiko ban tersebut mengalami kerusakan / kebocoran . Nah ada baiknya sebelum melakukan perjalanan, anda cek dan sesuaikan tekanan anginnya terlebih dahulu.

Baca juga : Waspada dengan modus tukang tambal ban curang ini sob

3. Pentil roda yang kendur

Satu satunya lubang sebagai tempat keluar masuknya angin secara resmi pada ban ialah di bagian pentil nya. Jika bagian pentil ini sampai mengalami masalah misalnya tutup pentil yang hilang, akan membuat pasir /kerikil halus bisa masuk kedalam dan mengganjal pentil. Hal ini akan udara yang ada didalam ban keluar sedikit demi sedikit melalui celah yang tercipta. Untuk itulah mengapa memakai penutup pentil ini diwajibkan, bahkan anda bisa kena tilang hanya gara gara kehilangan tutup pentil dan tidak segera menggantinya. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan secara berkala dibagian ini, seperti mengencangkan isi pentil, sesegera mungkin mengganti bila tutup pentil hilang, atau mengganti pentil ban yang mulai kelihatan retak retak.

4. Pasir menumpuk diantara ban dan velg

Salah satu penyebab kebocoran pada ban motor yang lain ialah adanya benda asing baik itu pasir maupun kotoran lain yang menumpuk di sela sela band dan velg. Bila tidak dibesihkan, saat motor digunakan akan terjadi gesekan disana sehingga mengakibatkan timbulnya celah yang memungkinkan ban mengalami kebocoran. Untuk itu pastikan anda membersihkan bagian ini dari pasir dan kotoran lainnya, termasuk juga menyingkirkan kerikil tajam yang mungkin terselip di bagian kembang ban.

5. Velg motor bermasalah

Kerusakan pada bagian velg motor seperti adanya keropos atau bibir velg yang bengkok bisa menjadi biang penyebab ban motor mengalami kebocoran. Velg motor yang keropos dan berkarat, pada umumnya karat ini akan membentuk tonjolan yang mana dapat menekan dan merusak ban. Begitupun bila bagian bibir velg mengalami kerusakan seperti bengkok, akan menyebabkan munculnya celah kecil yang memungkinkan udara dari dalam ban menghembus keluar.

6. Kualitas ban yang kurang baik

Selain beberapa hal diatas ternyata ban yang kualitasnya buruk juga dapat menyebabkan ban motor sering mengalami kebocoran. Ban yang berkualitas setidaknya telah memenuhi standar SNI maupun standar kualitas internasional lainnya seperti DOT. Pastikan anda hanya membeli ban dalam kondisi baru, sebab ban motor bekas maupun yang sudah di vulkanisir kualitasnya tentu dipertanyakan.

Baca juga : Tips perawatan ban motor agar awet



Subscribe to receive free email updates: