Berbagai Masalah Pada Rem Mobil Dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Masalah pada rem mobil - salah satu sistem yang tak kalah penting pada mobil yang berguna untuk memperlambat laju kendaraan ialah sistem pengereman. Bila sampai sistem rem pada sebuah mobil mengalami masalah, bisa beresiko terjadi kecelakaan  yang membahayakan jiwa pengemudi maupun orang lain yang terlibat didalamnya.

Oleh sebab itu kondisi sistem pengereman pada mobil perlu diperhatikan perawatannya. Sebagai pemilik mobil tentu saja wajib mengetahui berbagai masalah yang biasanya menyerang sistem pengereman. Hal ini sangat perlu diantisipasi agar anda tetap dapat merasakan serta memastikan bahwa rem mobil bekerja dengan baik.

Berbagai Masalah Pada Rem Mobil Dan Cara Mengatasinya
Image by : express,co,uk


Nah dibawah ini adalah beberapa masalah yang sering kali menyerang sistem rem mobil yang perlu kalian ketahui.

1. Pedal rem terasa sangat keras dan rem terasa blong

Masalah seperti ini memang jarang terjadi, pada umumnya beberapa mobil yang berusia tua sering kali mengalami permasalahan pada pedal rem nya yakni terasa keras sekali saat diinjak, dan rem mobil pun terasa blong. Hal ini biasanya terjadi kerusakan kevakuman pada bagian booster rem. Untuk memperbaikinya cukup dilakukan penggantian / repair bagian apa saja yang mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat artikel terdahulu kami mengenai : Penyebab pedal rem terasa keras dan rem ngeblong.

2. Pedal rem terasa ringan dan dalam

Masalah pertama yang sering kali menyerang rem mobil adalah kondisi pedal rem yang enteng saat diinjak dan terasa ( rasanya ambles ) dalam seakan akan tidak memiliki tekanan balik. Hal ini dikarenakan adanya kebocoran pada sistem master cylinder entah itu yang external maupun yang internal. Jika rem mobil kalian mengalami masalah seperti ini sebaiknya lakukan pemeriksaan di bagian master rem, jika benar master rem mengalami kerusakan anda bisa melakukan perbaikan di bengkel menggunakan repair kit, atau jika tidak bisa di repair terpaksa anda harus mengganti master rem denga yang baru. Untuk informasi lebih lengkap baca tulisan kami yang membahas masalah master rem di : Ciri - ciridan penyebab master rem mobil rusak.


3. Mobil narik saat di rem

Masalah yang sering terjadi di bagian sistem pengereman mobil berikutnya adalah, mobil terasa narik kekiri ataupun narik kekanan hanya pada saat dilakukan pengereman atau orang menyebut hal ini dengan istilah rem / setir mbanting. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, bisa jadi karena adanya pen dan master cylinder yang lengket, bisa juga diakibatkan salah satu selang minyak rem depan mobil mengalami masuk angin.

Rem mobil yang lengket bisa disebabkan karena pen kaliper rem mengalami macet entah itu berkarat ataupun bengkok. Dan yang kedua dikarenkan bagian piston rem mengalami karatan sehingga saat di rem, tidak bisa kembali sebagaimana mestinya. Untuk mengatasi hal ini yang perlu dilakukan adalah melakukan OverHaul piston rem dan melakukan perbaikan / penggantian komponen lain yang menyebabkan kenapa kaliper rem bisa macet.

Baca juga : Ini fungsi lain dari rem tangan pada mobil

4. Pedal rem getar saat di rem

Nah masalah yang satu ini juga sangat seringkali terjadi dan membuat pengemudi pun merasa tak nyaman saat berkendara. Penyebab kenapa setir mobil terasa bergetar saat di rem adalah dikarenakan adanya bagian cakram / disc rem yang bengkok atau kondisi permukaannya tidak rata. Bisa juga karena terdapat karat yang menempel di disc brake sehingga saat dilakukan pengereman, piston rem terasa main maju mundur dan efeknya akan terasa ke pedal.

Utuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukan remaching, yaitu membubut bagian disc brake dimana mesin bubut langsung ditempelkan di bagian disc brake yang terpasang di mobil. Cara ini tentu akan menghemat biaya dibandingkan dengan mengganti disc brake baru yang harganya pasti lebih mahal. Untuk contohnya anda bisa melihat artikel yang pernah saya bagikan tahun lalu di : Begini prosedur membubut disc brake mobil.


5. Body belakang getar saat di rem

Masalah ini sebenarnya juga jarang sekali terjadi, namun penyebab kenapa body mobil terasa bergetar hanya saat di rem biasanya diakibatkan karena ada masalah pada rem belakang yang masih menggunakan tromol. Jika mobil kalian mengalami problem seperti ini sesegera mungkin lakukan pemeriksaan pada bagian rem mobil di bengkel resmi maupun bengkel umum langganan anda.

Baca juga : Yuk mengenal beberapa jenis rem parkir mobil berikut

Dengan kritis terhadap masalah masalah yang abnormal pada sebuah mobil, khususnya di bagian rem ini selain menjaga agar kerusakan tidak menjalar kebagian sistem rem lainnya, juga dapat mencegah mobil mengalami atau terlibat kecelakaan di jalan raya, semoga informasi diatas bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: