Atasi Rem Cakram Motor Bunyi Mencicit Dimusim Hujan

Advertisement
Rem cakram motor bunyi - sering kali kita alami rem cakram motor bunyi berderit sehingga tidak nyaman didengarkan baik untuk telinga kita sendiri maupun orang disekitar kita. Lalu apa sih penyebab rem cakram sepeda motor ini bunyi mencicit seperti itu ?

atasi rem cakram motor bunyi

Pada umumnya rem cakram yang bunyi berderit ini diakibatkan karena adanya pasir yang masuk dan terjepit diantara kampas rem dan cakram, sehingga sewaktu rem ditekan akan membuat pasir tersebut terjepit dan mengerus permukaan cakram sehingga timbul suara berderit.

Baca juga : Intip perbedaan rem cakram model floating dan non floating

Jika hal ini dibiarkan dan tidak segera diatasi, cakram motor akan tergerus sehingga muncul jalur cekungan di bagian cakram, dan semakin lama bunyi derit tadi akan terdengar semakin keras dan memekakkan telinga.

Untuk mengatasi rem cakram motor yang bunyi menderit ini adalah dengan jalan membongkar kaliper rem dan membersihkan bagian kampasnya, bisa digosok menggunakan amplas kasar agar debu, pasir maupun kotoran lain akan terangkat. Jangan lupa gosok bagian tepian dari kampas tadi agar bagian tepian tadi tidak tajam, sebab bagian bibir kampas yang runcing / tajam ini bisa mengakibatkan bunyi bunyi an juga.

atasi rem cakram motor bunyi
Gosok bagian tepian yang ditunjukkan anak panah diatas agar tidak tajam


Periksa juga kinerja pen kaliper apakah macet atau tidak, kalau macet sebaiknya diperbaiki juga dengan cara melepas kaliper rem dari pen, kemudian menggosok pen tersebut dengan amplas halus agar karat nya rontok. Oleskan grease atau gemuk dan kaliper bisa dipasang kembali ke pen kalipernya.

Jika cakram kondisinya sudah beralur namun masih tipis, bisa menggosoknya juga dengan menggunakan amplas sedang ukuran 400 hingga alur tersebut menghilang. Tapi kalau ternyata sudah dalam sekali alur bekas terkikis di cakram, sebaiknya ganti saja cakramnya dengan cakram baru. Terakhir silahkan pasang kembali ke posisinya semula dan lakukan tes jalan.

atasi rem cakram motor bunyi
Ratakan alur akibat gesekan di permukaan cakram

Baca juga : Inilah penyebab kenapa rem cakram motor suka blong

Nah itulah tadi tips ringan bagaimana cara mengatasi rem cakram motor bunyi mencicit, semoga dapat bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: