Penyebab Body Motor Getar Dan Memperbaikinya

Advertisement
Sebab body motor bergetar - sepeda motor akan sangat tidak menarik jika tak dilengkapi dengan yang namanya body, selain befungsi untuk penarik perhatian siapapun yang memandang, body motor juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya yakni untuk melindungi bagian mesin, rangka motor dan elektrikal dari kerusakan.

yamaha YZF R6
Image by : thai,webike,net


Masalah yang paling sering muncul pada bagian body motor ini ialah timbulnya getaran mulai dari getaran yang pelan hingga yang menimbulkan bunyi bunyian hingga mengganggu pendengaran. Lalu apa sih yang menyebabkan body motor ini bisa bergetar seperti ini ?

Banyak sekali penyebab kenapa body motor bisa timbul getaran, penyebab pertamanya adalah karena adanya perubahan / pergeseran posisi dari body motor itu sendiri. Perubahan / pergeseran ini biasanya diakibatkan karena adanya baut baut pengikat yang sudah kendor karena motor sering digunakan melibas jalanan yang kurang baik. Untuk mengatasi hal ini cukup lakukan pengencangan bagian baut / sekrup pengikat body secukupnya, jangan terlalu keras karena body motor malah bisa pecah.

Penyebab body motor timbul getaran yang kedua ialah dikarenakan adanya bagian bagian klip atau sambungan antar body yang sudah patah sehingga antar bagian body yang satu dengan yang lainnya tidak lagi saling mengikat sebagaimana mestinya. Termasuk juga adanya bagian klip yang sudah aus karena bergesekan. Untuk mengatasi hal ini bisa diakali dengan mngganjalnya menggunakan double tape atau mengelemnya denga menggunakan lem lunak seperti castol ataupun lem silicon.

Penyebab body motor muncul getaran yang selanjutnya adalah karena ada bagian body motor yang pecah, entah itu karena tertumbuk sesuatu, bekas jatuh ataupun karena memang faktor usia sehingga bagian yang pecah ini akan saling bersinggungan satu sama lain ketika digunakan berkendara sehingga timbul getaran dan berbunyi. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan pengeleman dengan menggunakan lep yang bersifat mengeraskan, bisa menggunakan lem besi / lem epoxy di bagian yang retak. Atau anda bisa juga mengakalinya dengan mengelem menggunakan lem alteco / lem korea / lem G / lem J dan bekas filter puntung rokok.

Untuk bagian yang rusak dan tidak bisa diperbaiki atau diakali, alangkah baiknya di ganti saja dengan yang baru yang tentunya lebih praktis.



Subscribe to receive free email updates: