Penting Etika Menggunakan Klakson Secara Bijak

Advertisement
Etika menggunakan klakson - di dalam berkendara baik itu pengendara roda dua maupun roda empat tentu saja membutuhkan komunikasi, dan membuka kaca mobil ataupun membuka visor helm rasanya bukan suatu cara yang pas, sehingga cara lain dalam berkomunikasi di saat berkendara ialah dengan memanfaatkan kedipan lampu maupun dengan membunyikan klakson.

klakson mobil


Dari kedua cara berkomunikasi didalam berkendara, membunyikan klakson tentu saja sangat ampuh untuk digunakan sebagai alat komunikasi, namun penggunaan klakson ini pun perlu kita jaga agar suaranya tidak malah menyinggung orang lain.

Baca juga : Penyebab klakson mobil tidak bunyi

Sebaiknya anda membunyikan klakson di saat saat yang dibutuhkan saja, misalnya ketika anda ingin mendahului kendaraan lain pada jalur yang sama, atau ketika ada orang yang memotong jalur berkendara nda secara tiba tiba dan dirasakan sangat membahayakan karena melaju di kecepatan tinggi, atau jika anda menghadapi situasi membahayakan seperti ketika ada orang yang melintas dan memotong jalan kita boleh membunyikan klakson.

Bunyi dari klakson kendaraan pun juga memiliki makna, misalnya saja jika anda membunyikan klakson sekali dengan durasi yang singkat, bisa diartikan bentuk sapaan seperti "hai, atau halo" kepada pengendara lain. Untuk klakson yang dibunyikan dua kali berturut turut "pim, pim" biasanya digunakan sebagai bunyi meminta perhatian, misalkan saja anda ingin mendahului mobil atau motor di depan yang kemungkinan si pengendara tidak memperhatikan spion.

Suara klakson mobil pun dapat dengan mudah memancing emosi pengguna jalan lain, khususnya pengguna mobil yang kerap sekali kesal jika ada pengendara lain yang menekan klakson secara terus menerus tanpa putus. Hanya karena suara klakson yang menganggu seperti ini kadang bisa berujung pada keributan di jalan raya loh, seperti kata makian dan ungkapan yang mungkin malah bermuara ke bentuk perkelahian.

Tips saat tepat membunyikan klakson mobil  motor

Agar anda terlihat beretika ketika membunyikan klakson, pastikan anda bunyikan di saat saat yang tepat seperti ketika anda hendak mendahului kendaraan / memotong jalur kendaraan lain, ketika anda melihat seseorang menyeberang secara mendadak dan dirasa sangat membahayakan, atau mengingatkan pengendara lain yang mungkin sedang melamun di lampu merah yang sudah menyala hijau.

Sebaiknya anda menghindari membunyikan klakson di waktu macet atau arus kendaraan yang sangat padat, karena selain memancing emosi pengguna jalan yang lain, hal ini akan membuat anda nampak seperti orang bodoh. Sudah tahu jalanan macet tapi masih membunyikan klakson dan berharap jalanan seketika menjadi lancar.

Baca juga : Tips parang relay klakson mobil agar lebih awet

Memang benar klakson yang anda bunyikan adalah klakson dari kendaraan kalian sendiri yang dibeli oleh uang hasil keringat anda, tapi anda harus ingat juga bahwa di jalanan pun kita harus memiliki etika, termasuk salh satunya adalah saat membunyikan klakson. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.


Subscribe to receive free email updates: